18 Daftar Museum Yang Ada Di Taman Mini Indonesia Indah

0
237
museum di taman mini

Museum di taman Mini – Tamin Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan miniatur Indonesia yang menyuguhkan segala kekayaan dalam negri. Baik dari sisi budaya, sejarah, Tekhnologi, Pertahanan dan lain sebagainya.

Namun didalam Taman Mini juga terdapat 18 museum yang bisa Kamu kunjugi sebagai wisata edukasi untuk mengenal lebih jauh tentang keragaman bangsa Indonesia. Berikut daftar Museum di Taman Mini yang coba kami rangkum dari beberapa sumber.

Daftar Museum di Taman Mini 

1. Museum Indonesia

Bagunan museum dengan bergaya khas adat Bali yang terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 bertemakan Bhineka Tunggal Ika, lantai 2 bertema manusa dan lingkungan dan Lantai 3 bertemakan Seni dan karya.

Pada Museum ini menggambarkan tentang keaneka ragaman dan kekayaan budaya Indonesia yang setidaknya 1 tahun sekali di adakan pameran. Undangan pengunjung yang datang saat pameran manghadirkan beberapa wisatawan manca Negara dan para pelajar juga mahasiswa.

2. Museum Transportasi

Museum Transportasi TMII ini menampilkan kumpulan moda transportasi yang mengandung nilai sejarah dan perannya dalam perjuangan bangsa milik mentri perhubungan. Karena tujuannya untuk mengumpulkan, memelihara, meneliti serta memamerkan bukti sejarah dan perkembangan transportasi sebagai perannya dalam pembangunan.

Museum Transportasi memiliki luas 6,25 hektar yang pembangunannya dimulai pada tahun 1985 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991. Museum ini memamerkan unsur trasportasi darat, laut dan udara mulai dari kendaraan tradisiona seperti hingga modern. Adapun platform pertunjukannya berupa modul kendaraan asli, tiruan, mniatur, foto serta diorama.

3. Museum Minyak dan Gas Bumi

Museum Minyak dan Gas Bumi TMII merupakan museum yang menandai peringatan 100 tahun industri minyak dan gas bumi Indonesia. Maka berkat usaha dan sumbangan masyarakat perminyakan Indonesia, museum ini resmi dibuka pada tanggal 20 April 1989 oleh Presiden Soeharto.

Bangunannya menyerupai anjungan lepas pantai yang berada di atas danau buatan seluas 11.000 meter. Selain itu tempat ini memamerkan peragaan peralatan tekhnologi canggih dalam pencarian dan pengelolan gas bumi.

Sedangakan pada luar gedung memamerkan peralatan pengeboran minyak dan peragaan benda-benda eksplorasi. Seperti berbagai pompa angguk, sebuah truk logging tua, pompa bensin engkol, dan sebuah kilang minyak tua.

4. Museum Penerangan

Dunia Informasi dan komunikasi merupkan peran penting dalam kemajuan sebuah bangsa. Maka dari itu pembuatan Museum Penerangan adalah sebuah  bukti keseriusan atas  pandangan yang besar ini. Pilar Informasi komunikasi di gambarkan pada unsur media radio, televise, film, per dan ineteraksi tatap muka.

Museum ini bertujuan untuk mengumpulkan, mempelajari, menggelar dan merawat seluruh moment yang berhubungan dengan objek sejarah penerangan dan komunikasi. Sehingga pengunjung yang datang akan melihat koleksi berupa benda – benda, diorama, lukisan dan tokoh dunia penerangan. Adapun kumpulan pamerannya berada di luar dan dalam degung.

Pada tanggal 20 April Presiden Soeharton meresmikan Museum Penerangan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto. Bangunan setinggi 3 lantai ini memiliki luas lahan 10.850 meter dengan luas bangunan 3.960 meter.

5. Museum Perangko Indonesia

Perangko adalah sebuah alat ganti bayar jasa pengiriman yang di tempelkan pada sepucuk amplop untuk di kirimkan sesuai  alamat, baik dalam dan luar negri. Namun Pergeseran dengan zaman, biaya pengiriman kini beralih dengan cara tunai. Walau masih ada juga orang yang memiliki perangko sebagai barang koleksi atua simpanan.

Bila berkunjung ke Taman Mini Inidonesia Indah, Kamu bisa menemukan Museum Perangko dengan bangunannya yang bergaya Jawa dan Bali seluas 9.590 meter. Museum ini di resmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 29 september 1983.

Selain itu pada Museum ini pengunjung bisa melihat bergam koleksi perangko dari berbagai tema dan sejarah  perangko itu sendiri dan segala yang berhubungan. Seperti patung perancang perangko, mesin dan pembuatan, masa pembuatan dan lain sebagainya.

Apalagi gedung ini terbagi pada 6 ruang pameran sajian dengan patung Hanoman di bagian depan sebagai tokoh pewayangan sebagai simbol pemabawa misi (berita). Filosofi ini menggambarkan PT. Pos Indonesia (persero) sebagai badan yang mempunyai tugas yang sama.

6. Museum Peragaan Iptek

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Science Center) atau PP-IPTEK di gagas oleh Prof.Dr.B.J.Habibie yang saat itu menjabat Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Adapun berdasarkan keinginan yang untuk mencerdaskan masyarakat akan kemajuan bangsa melalui ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Museum ini sempat berpindah yang peresmiannya oleh Presiden Soeharto 20 April 1991, lalu pada peresmian kedua pada tanggal 10 November 1955. Bangunan berukuran 24.000 meter dengan gaya arsitektur futusitik pada luas tanah 42.300 meter.

Museum ini memiliki 250 alat peraga dari berbagai program serta peragaan interakhtif yang dapat menghibur. Pengunjung dapat menggunakan koleksi menyesuaikan dengan kategori pendidikan mulai dari TK, SD, SP dan SMU serta umum.

7. Museum Listrik dan Energi Baru

Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB) adalah sebuah tempat tentang peragaan Energi ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan yang berada di komplek TMII. Gedung yang seperti kubah ini di desain khusus untuk memenuhi kenyaman pengunjung dan koleksi museum.

Pengunjung dapat mempraktekan beberapa koleksinya, yaitu berupa peragaan arus listrik yang di hasilan dari maghnet, koin, pensil hingga buah-buahan. Museum ini melayani kunjungan masyarakat umum dan pelajar atau mahasiswa hingga turis domestik serta manca Negara.

8. Museum Olahraga

Tempat ini di persembahkan atas kebesaran nama Bangsa Indoensia tentang semua yang berkaitan terhadap olahraga serta prestasi positif anak bangsa. Mesum ini di resikan oleh Presiden Soeharto bertepatan HUT TMII ke14 pada tanggal 20april 1989.

Bangunan muesumnya seluas 3.000 meter pada tanah 1.500 meter serta terdapat 3 lantai yang terbagi berdasarkan susunan barang koleksi. Adapun museum ini menceritaakan kiprah  dan peran perjuangan bangsa Indoneisa atas kegaitan olahraga internasional.

Barang koleksinyapun selain menampilkan tokoh yang berkecimpung di dunia olahraga dalam mengharumkan bangsa Indoneisa. Tapi lengkap dengan beberapa medali dan medali para atlit, alat olah  raga serta alat perwasitan.

Bahkan terdapat diorama permainan rakyat, lukisan dan patung dengan ukuran aslinya serta sejarah singkat olahraga tradisonal Indonesia. Selain itu juga terdapat maket Kapal Dewaruci atas penghargaan keberhasilan tim KOPASUS menaklukan puncak gunung Everrest Himalaya pada tahun 1997.

9. Museum Putra Bhakti Pertiwi

Untuk mengungkapkan rasa terimakasih serta syukur terhadap dukungan masyarakat Indonesia dan manca Negara atas masa bakti Pak Soeharto. Maka Ibu Tien Soeharto menggagas Museum Purna Bakti Pertiwi yang memulai pembukaanya pada 23 agustus 1993.

Pamerannya terdiri dari beberapa koleksi barang penginggalan keluarga Pak Harto semasa pengabdian kepada nusa bangasa dan Negara yang di persembahkan kepada seluruh masyarakt Indonesia. Bagunan berupa kerucut seluas 2.500 meter memiliki peninggalan berharga berupa barang kesenian hingga Kapal perang KRI Harimau.

Bila berkunjung kesini Kamu akan menemukan 3 susunan kelompok ruangan yaitu Bangunan Utama, Bangunan Penunjang dan Tata Luar Ruang. Sedangkan semuanya berupa kumpulan koleksi benda-benda bukti sejarah perjuangan sampai masa pembangunan.

Barang pamerannya berupa cenderamata dari teman dan sahabat, tanda-tanda kehormatan dari dalam dan luar negeri, karya seni ukir kayu dan seni lukis hingga tanaman langka khas Indonesia.

Baca juga : Daftar Museum di Jakarta

10. Museum Keprajuritan Indonesia

Sebuah persembahan terhadap dunia militer Indonesia yang senantiasa selalu menjaga keutuhan dalam mempertahankan harkat dan martabat Negara. Adapun makna museum ini untuk melambangkan pertahanan bangsa serta bentuk kewaspadaan, ancaman atau ganguan dan hambatan terhadap kedaulatan Indonesia.

Bangunan ini berbentuk benteng pertahanan pada tanah seluas 4,5 hektar lengkap dengan danau buatan yang juga terdapat dergamaga mini. Adapun bangunan ini menggambarkan tanah air Indonesa sebagai Negara keupulauan dengan kesibukan kemaritiman yang tinggi. Serta terdapat kapal tradisional Phinisi (Bugis) dan Banten yang melambangkan kekuatan laut Indonsia bagian Timur dan Barat

11. Museum Pusaka

Dengan aneka ragaman suku bangsa dan budaya, Museum Pusaka Taman Mini mempersembahkan kearifan loka berupa koleksi senjata tradsisional. Sehingga bangunan unik dengan keris besar yang menjulang di atasnya sebagai ciri khas tentang tempat yang berhubungan dengan barang-barang pusaka.

Dengan banyak senjata pusaka yang ada, pengunjung bisa melihat koleksi yang di pamerkan museum ini. Seperti Keris Nagasasra Sabuk Inten zaman Mataram, Kujang zaman Padjajaran, Keris Singa Barong tinatah mas, karih dari Sumatera, belati zaman Kerajaan Mataram, kudi zaman kerajaan Tuban, pedang zaman HB IX, dan keris Naga Tapa dari Yogyakarta

Museum ini bertujuan untuk melestarikan, merawat, mengumpulkan dan menginformasikan senjata tradisonal kepadagenerasi penerus. Ruang pameran berada pada gedung museum dengan luasnya 1,5 hektar yang di resmikan tanggal 20 april 1933 oleh Presiden Soeharto.

12. Museum Telekomunikasi

Berdirinya patung Patih Gajah Mada melambangkan museum ini terhadap ikrar atas Sumpah Palapa yang untuk menyatukan Nusantara. Serta sebuah satelit komunikasi pertama Indonesia yang di namakan Palapa. Sehingga sesuai dengan unsur dari filosofi bahwa jaringan komunikasi yang baik akan memudahkan kemajuan bangsa Indonesia.

Museum Telekomunikasi terletak di bagian depan kawasan TMII dengan bagunan yang berada di atas lahan seluas 4.872 meter. Arsitektur berbentuk kubah ini memperkenalkan perkembangan telokomunikasi darimasa kemasa. Mulai dari masa sebelum perang, awal kemerdekaan hingga masa depan pertelekomunikasian dunia.

Pameran alat komunikasi tradisional non elektrik seperti kentongan, bedug, alat komunikasi tiup hingga lonceng. Serta alatkomunikasi elektrik seperti telegrap morse, pesawat teleponmanual batrei serta diorama radio pemancar bisa pengunjung jumpai.

13. Museum Bayt AL-Qur’an Dan Museum Istiqlal

Museum yang memamerkan tetang keragaman buada Islam dalam tema mempersatu bagsa atas berbagai etnis dalam ajaran beragama di Indoneisa. Bagunannya terdiri 4 lantai dengan lahan seluas 2 hektar yang di resmikan presiden Soeharto pada t20april 1997.

Beberapa kajian sejarah perkembangan ajaran Islam dan kebudayan khusunya di Indonesia dan umumnya di Asia Tenggara sebagai karakter bangsa bisa di temui. Serta karya-karya unggulan para ulama intelktual muslim nusantara bernilai historis mulai adab ke 17 sampai ke 20.

Kehadiran Muesum Bayt AL-Qur’an Dan Museum Istiqlal menyimpan benda-benda budaya keislaman yang sudah berabad-abad usianya. Hinggaa tampilan Al-Qur’an standart Departemen Agama RI dalam bentuk Brille untuk tunanetra. Serta suguhan Al-Qur’an berbasis digital berupa perakat lunak (software) yang di operasikan padakomputer.

14. Museum Asmat

Perhatian terhadap suku pedalaman Papua ini berbuah pembangunan Museum yang berada di TMII pada tangal 1 maret 1986. Adapun gedungnya menyerupai rumah Kawari suku Tobati-Enggros penduduk asli di sekitar Teluk Yotefa tepi danau Sentani, Papua dengan mengembangan arsitektur modern.

Bangunanya terdiri dari 3 ruangan utama dan 2 bangunan panggung penghubung berbentuk segi delapan. Dengan ragam pameran berupa pakian adat, perhiasan serta diorama aktifas menonok sagu, wuramon, patung nenekmoyang dan beberapa hiasan masyarakat.

Pandangan hidup suku Asmat yang selalu mengaitkankan erat dengan leluhur nenk moyang yang menjadi keunikan tersendiri. Sebab itu mengangkat tema Museum Asmat lengkap dengan budaya masyaraktnya dengan perlatan tardisional juga bebda budaya upacara di pamerkan di museum ini.

15. Museum Timor Timur

Timor Timur dulunya masuk kedalam wialayah teritori Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memisahkan diri pada tahun 2002. Bangunan rumah adat yang di resmikan pada 20 april 1980 ini dulu menjadi Anjungan, akhirnya kini berfungis sebagai museum.

Ruangan utama yang bernama Uma Latem berbentuk atap bulat dengan bangunan panggung serta empat tiang penyangga. Lapisannya ini berdinding kayu beratap ijuk dengan jendela yang lebar yang juga berfungsi sebagai penerangan di siang hari.

Museum Asmat memiliki luas 4.988 meter yang memaerkan perlengkapan tradisonal sehari-hari masyarakatnya. Seperti peralatan makan, busana adat, senjata tradisional, alat musik tradisional, hasil kerajinan, serta perlengkapan lain seperti anyaman dari daunt al, keramik atau manatutu, kain tenun khas Timor-timur (tais).

Selin itu terdapat pula foto-foto keindahan alamnya seperti pantai pasir putih dan monument patung Kristus Raja. Serta pada bangunan utama bisa juga pengunjung gunakan untuk bersantai dan menimakti pameran adat.

16. Museum Hakka Indonesia

Peradaban masyarakat Indoensia saat ini tak lepas oleh keberadaan sekelompok imigrasi masyarakat Tionghoa pada zaman dahulu. Banyak penduduk Tionghoa keluar dari provinsi Tiongkok secara bertahap pada abad ke 4 M secara besar-besaran. Adapun tujuan keluar dari wilayah keberbagai Negara di duni akibat bencana alam,perang atau konflik, salah satu nya ke Nusantara.

Hakka merupakan kelompok Han terakhir yang bermigrasi ke selatan dari Utara Tiongkok yang mana masyarakatnya kebanyakan mendalami dan berkecimpung du dunia farmasi atau obat-obatan. Tempat asli orang Hakka secara garis besar bersal dari daerah Meizhou, Ganzhou, Tingzhou dan Huizhou.

Leluhur orang Hakka bermukim pada bangunan bundar yang disebut ‘Tulou’ di pegunungan Fujian. Oleh sebab itu Museum Hakka Indonesia juga menggambarkan banguan tesebut yang di ceritakan dari tokoh mereka  .

Museum Hakka Indoneisa terdiri dari 3 pamer utama yang mempunyai cerita etnis mereka masing masing. Yaitu Mueum Tionghoa Indonesia, Museum Hakka Indonesia dan MesumYhongding Hakka Indonesia.

17. Museum Serangga dan  Taman Kupu-kupu

Faktor grografis Indonesia yang merupkan negara kepulauan dan beriklim tropis karena dilalui garis katulistiwa. Sehingga membuat berbagai macam mahluk hidup dapat beradaptasi dengan baik dan tumbuh subur.

Kekayaan habitan serangga dan kupu-kupu yang tesebar di Indonesia dan di perkirakan sekitar 16% jenisnya ada di Indonesia dari populasi dunia. Maka dengan kekayaan habitan serangga dan kupu-kupu yang tesebar itu. Sehingga Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dan Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) memperkrasai sebuah tempat konservasi dan pelestariannya.

Kamu bisa melihat beragam serangga dan kupu-kupu asli Idnoensia yang berjumlah sekitar 600 jenis. Terdiri dari kupu – kupu sekitar 250 jenis, kumbang sekitar 200 jenis dan kelompok serangga lainnya sekitar 150 jenis

18. Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil

Komodo merupakan hewan peninggalan zaman purba yang masih terisa hingga kini. Bahkan reptil iniyang hidup di habitat aslinya di Nusa Tenggara Timur yaitu Pulau Komodo menjadi hewan dilindungi dan di lestarikan oleh pemerintah.

Bila berkunjung ke Taman Mini Indonesia Kamu dapat menjumapi Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptil. Tempat ini memamerakan tentang dunia satwa yang di awetkan pada ruang kaca. Koleksinya berupa hewan yang di sajikan berdasarkan kelompok persebarannya di nusantara.

Museumini ini terdapat tak kurang dari 150 jenis binatang yang sudah di awetkan dan bertujuan untuk menjaga pelesatraiaanya agar tidak punah seperti Hrimau dan Gajah. Serta berbagai binatang mamalia, reptile juga serangga, lengkap dengan habitat aslinya bisa Kamu Jumpai.

Museum ini memiliki luas selebar 10.120 meter dengan bentuk bangunan yang unik yang menyerupai Komodo. Adapun Museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tangal 20 April 1978.

Berikut Daftar Museum di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang bisa Kamu jadikan tempat wisata di Jakarta yang menarik. Lokasi rekreasi yang sangat komplit untuk mengetahui kekayaan buadaya, sejarah dan peradaban kemajuan Negara Indonesia tercinta.

Kamu bisa berkeliling taman mini dengan menggunakan sewa hiace di Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Sebab kami dari Winholiday sebagai jasa transportasi siap melyani carter mobil dengan fasilitas dan armada yang bersih dan memuaskan.

Rate this post

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini