20 Daftar Museum Jakarta Sebagai Tempat Wisata Edukasi Anak

0
30
daftar museum Jakarta

Daftar museum di Jakarta yang cocok sebagai tempat wisata edukasi – Setiap orang pasti mempunyai kesibukan dengan segala macam rutinitas sehari-hari. Sehingga setiap hari kita harus bekerja dengan banyak tekanan dan target, tentunya hal ini bisa membuat kita merasa stres dan lelah. Jika kita hanya merasa stres dan lelah, terutama anak-anak kita yang pergi ke sekolah setiap hari dan harus berusaha memahami pelajaran di kelas.

Anak-anak perlu berpikir setiap hari, dan berpikir harus menghabiskan energi dan membuat mereka lelah. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita harus pandai mengatur waktu anak kita, mulai dari jam belajar, jam istirahat bahkan jam untuk bermain anak setiap harinya. Maka saat waktu anak libur sekolah, orang tua dapat mengajaknya berlibur misalnya bermain di taman, berwisata alam bahkan wisata edukasi.

Beberapa orang tua lebih memilih membawa anaknya untuk berwisata edukasi, karena dengan begitu anak-anak bisa bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan. Karena sebagai orang tua modern, kita harus selalu update tentang hal-hal baru mengenai kebutuhan seorang anak, misalnya update tentang wisata edukasi terdekat. Maka berikut ini adalah daftar 20 Museum Jakarta sebagai tempat wisata edukasi bisa dikunjungi sebagai rombongan dengan menggunakan sewa bus pariwisata Jakarta atau pun secara pribadi pada hari biasa atau akhir pekan.

Daftar Museum di Jakarta, Lokasi Wisata Edukasi Yang Wajib di Kunjungi

1. Museum Nasional Indonesia

Pertama-tama, Anda bisa memulai agenda dengan mengunjungi tempat gedung bersejarah di Jakarta dengan mengunjungi Museum Nasional Indonesia. Spot ini memang sangat ikonik dengan adanya sebuah patung gajah, sehingga sering disebut sebagai Museum Gajah. Adapun koleksi dalamnya Anda bisa melihat ratusan ribu benda-benda bersejarah. Meski sudah sangat tua, museum ini tetap terlihat kokoh meski usianya sudah tua.

2. Museum Sejarah Jakarta

Boleh saja membicarakan museum, tapi Museum Sejarah Jakarta tidak masuk dalam itinerary. Museum Fatahillah, nama lain, mengusung konsep Istana Bendungan di Amsterdam, Belanda, berupa bangunan utama dengan sayap di kanan dan kiri. Museum seluas 1.300 meter persegi ini juga menyimpan berbagai jenis peninggalan sejarah.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Jika tidak ada tema di museum ini, mungkin kita masih belum bisa menikmati kemerdekaan, kan? Museum Penyusunan Naskah Proklamasi terletak di pusat kota, sehingga cukup mudah untuk diakses. Diorama pada museum ini menampilkan kisah-kisah bertema sejarah sebelum kemerdekaan Indonesia, khususnya rumusan teks proklamasi.

4. Museum Kebangkitan Bangsa

Setiap tanggal tanggal 20 Mei kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Sehingga Museum Kebangkitan Nasional ditetapkan sebagai bangunan bersejarah karena merupakan bekas sekolah kedokteran STOVIA pada masa penjajahan Belanda. Jika berkunjung ke sini, Anda akan diajak berkeliling ke berbagai booth dan ruangan yang ada di dalam gedung. Di antaranya adalah ruangan yang memajang koleksi alat-alat kedokteran kuno dalam membelah kepala dan tubuh manusia beserta berbagai jenis pisau bedah.

5. Museum Wayang

Sebagai warisan budaya nusantara, wajar jika wayang mendapat apresiasi sebagai ikon edukasi. Sebelum dijadikan museum, bangunan ini awalnya adalah De Oude Hollandsche Kerk (Gereja Belanda Kuno) pada tahun 1640. Saat ini, Museum Wayang Jakarta juga memiliki berbagai koleksi, seperti berbagai wayang Jawa dan wayang Sunda.

6. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia juga terletak di sekitar Kota Tua. Daya pikatnya terletak pada arsitektur kuno khas zaman Belanda yang masih dipertahankan hingga saat ini. Jika Anda lewat di depan museum ini, Anda akan kesulitan untuk menolak masuk dan menjelajahi ruangan-ruangan tersebut. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini yaitu pada malam hari. Museum ini menyediakan waktu wisata di samping jam biasanya sehingga memberikan pengalaman yang lebih menantang.

7. Museum Taman Prasasti

Dengan semua lokasi yang ada, Museum Prasasti Taman adalah sebuah bangunan yang paling mistis. Sifat yang seram didukung oleh batu nisan dan peti mati yang pernah disandang Presiden 1 Republik Indonesia dan wakilnya, Soekarno-Hatta. Suasana kematian di kawasan lokasi sejarah ini masih terasa karena dulunya merupakan pemakaman umum.

8. Museum Bahari Jakarta

Sebagai negara maritim, Indonesia layak memiliki museum khusus bertema bahari. Anda akan menemukan tempat terbaik untuk wisata edukasi tentang bahari dan jasa Indonesia di Museum Bahari.

9. Museum Pulau Onrust

Jangan mengira Kepulauan Seribu hanya menawarkan pesona pantai dan bawah laut, ya? Anda juga harus mengunjungi Museum Pulau Onrust yang merupakan museum arkeologi. Tempat ini mempunyai sejumlah peninggalan arkeologi pada masa penjajahan Belanda.

10. Museum MACAN

Berbeda dengan koleksi sejarah lainnya, Museum MACAN (Museum Seni Modern dan Kontemporer Nusantara) merupakan museum seni rupa modern dan kontemporer dengan berbagai spot yang instagramable. Seniman kelas dunia sering memamerkan karya seni mereka di museum modern ini.

11. Museum Tekstil

Setelah mampir ke kawasan kota lama, kini saatnya mengunjungi Textile Meseum yang terletak di Jl. Aipda KS Tubun, Jakarta Pusat. Sesuai dengan namanya, Anda bisa melihat berbagai jenis tekstil khususnya batik di Indonesia. Ada sekitar 2350 koleksi kain batik yang dapat Anda lihat di sini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa belajar membatik, menenun hingga mewarnai. Ini menyenangkan bukan? Anda dapat mempelajari cara menggunakan canting untuk malam atau lilin.

12. Museum Taman Prasasti

Bagi Anda yang ingin berfoto dan merasakan sensasi berbeda saat berwisata di Jakarta, cobalah berkunjung ke Museum Taman Prasasti. Di sini Anda bisa menemukan berbagai batu nisan dan patung antik yang sering dijadikan lokasi foto oleh fotografer profesional maupun individu. Lokasi Museum Prasasti Taman tidak jauh dari Museum Tekstil yang masih berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

13. Museum Seni Galeri: 1

Gallery Art:1 atau disebut juga dengan Gallery Mondecor merupakan tempat bagi Anda untuk menikmati berbagai keunikan seni modern kontemporer. Museum di Jakarta ini juga sering mengadakan pameran temporer dari berbagai seniman di Indonesia.

14. Museum Seni Rupa / Museum Keramik

Museum Seni Rupa atau Museum Keramik juga merupakan salah satu museum yang berada di Kota Tua. Tempat ini menampilkan berbagai karya seni Indonesia, baik tradisional maupun modern. Berbagai karya seniman legendaris seperti Affandi dan mantan Gubernur Jakarta Henk Ngatung juga dipamerkan di Museum Seni Rupa.

15. Museum Layang-Layang

Museum di Jakarta ini menarik karena memamerkan berbagai kreasi layang-layang dari berbagai daerah di Indonesia. Toppers juga dapat membuat layang-layang yang dipersonalisasi di Museum ini.

16. Museum Monumen Nasional

Di dalam Monumen Nasional, Toppers dapat menemukan museum yang berisi diorama perjuangan dan sejarah Republik Indonesia. Tidak hanya itu, Anda juga bisa naik ke puncak Monas untuk melihat kota Jakarta.

17. Museum Hakka Indonesia

Nama ‘Hakka’ berasal dari sebuah suku di Cina, yang melakukan perjalanan ke Nusantara ratusan tahun yang lalu. Mereka adalah orang Han yang terkenal dengan kepiawaiannya meracik obat tradisional. Bangunan bersejarah ini terbagi menjadi tiga sub-museum, yaitu Museum Hakka Indonesia, Museum Tionghoa Indonesia, dan Museum Yodding Hakka Indonesia.

18. Museum Polri

Banyak hal menarik yang ditawarkan museum di kawasan Blok M Jakarta Selatan ini. Anda akan menemukan alat komunikasi polisi kuno, dari radio hingga telepon. Di lemari pakaian ada pajangan dari seragam polisi pertama hingga model seragam baru. Ada juga koleksi senjata dan kendaraan yang pernah digunakan polisi.

19. Museum M.H. Thamrin

Museum ini menampilkan berbagai koleksi yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Betawi. Di halaman depan museum terdapat patung MH Thamrin, politisi handal dari zaman Hindia Belanda. Meski lokasi museum ini agak terpencil, namun selalu ramai dikunjungi pengunjung setiap minggunya.

20. Museum Katedral

Di museum ini, Anda bisa belajar tentang berbagai benda religi yang digunakan saat acara sakral. Pengelola museum selalu menyisipkan informasi penting di setiap objek koleksi. Tujuannya agar pengunjung tidak hanya datang untuk melihat tapi bisa belajar hal baru.

Demikian ulasan tentang 20 Museum Di Jakarta (Tempat Wisata Edukasi) semoga bermanfaat.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here