33 Daftar Tempat Wisata Di Jakarta yang Istagrambel Lagi Hits Untuk Lokasi Liburan Terfavorit

0
235
lokasi wisata di Jakarta

Jakarta selain sebagai pusat pemerintahan, juga terdapat beberapa lokasi wisata menarik yang bisa Kamu jadi kunjungi untuk mengisi waktu berlibur. Karena dengan kepadatan penduduk yang mencapai 10.560 jiwa tentu adanya daftar tempat wisata Jakarta ini bisa menjadi alternatife untuk Kamu menentukan pilihan tempat liburan terutama bagi warga sekitar di Jabodetabek.

Apa lagi dengan dengan adanya sarana angkutan umum yang memadai, Kamu bisa mendatangi objek wisata Jakarta favoritmu dengan menggunakan kendaraan umum seperti Transjakarta dan commuter line. Jadi banyak wisatawan yang datang akan terfasilitasi dan lebih mudah menjangkaunya dengan ongkos yang lebih murah, walaupun wistawan dari luar kota Jakarta.

Beberapa lokasi ini menjadi tempat wisata rekomedasi di Jakarta untuk menghabis kan waktu berlibur di akhir pekan bersama keluarga. Banyak jenis tempat rekreasi di Jakarta yang mempunyai area luas dan memiliki segemen wisatanya sendiri.

Banyak beberapa tempat wisata di Jakarta sebagai hiburan anak atau cocok untuk di nikmati sambil bersantai bersama keluarga. Serta ada pula yang memiliki wahana memacu andrenalin yang cocok untuk kaula muda. Jadi silahakan Kamu sesuaikan dengan rombongan dan orang-orang yang Kamu ajak dengan faktor usia juga ya.

Daftar Tempat Wisata Jakarta yang Sedang Hits dan Instagramabel

Bagi sebagian warga Jakarta beberapa daftar nama tempat wisata di bawah ini mungkin sudah tidak asing lagi, bahkan mungkin sudah ada yang pernah mengunjunginya. Namun bagi Kamu yang belum pernah bahkan baru mendengar, Kamu wajib mencoba untuk sekedar menjawab rasa penasaran.

Sedangkan untuk Kamu yang mungkin saat ini sedang berencana berkeliling liburan, semoga tulisan ini bisa meberikan referensi objek wisata murah di Jakarta. Apa lagi jika Kamu yang datang dari luar kota, Kamu waji mengunjungi salah satu daftar tempat wisata populer di Jakarta ini.

1. Monas

Monas atau Monumen nasional adalah sImbol Negara Indoneisa atas perjuangan anak bangsa dalam meraih kemerdekaan yang di gagas oleh Presiden Soekarno. Tempat ini kerap di jadikan lokasi wajib yang di kunjungi bagi para pelancong dari luar daerah.

Berada di jl. Merdeka yang berdekatan dengan Istana Negara dan pusat pemerintahan membuat Monas begitu mudah diakses. Membuat Monas terkadang kerap ada beberapa pertunjukan nasional dengan kental unsur budaya Betawi sebagai penduduk asli Jakarta terutama pada hari libur.

Selain lokasi nya yang berdekatan dengan Masjid Istiqlal dan Gereja Katredal, jadi Monas adalah rangkaian wisata yang biasa orang kunjungi. Cawan dan puncak monas serta altar museum adalah bagian dari Monas yang bisa kamu nikmati. Kamu membayar tarif sebesar Rp 15.000 untuk dewasa danRp 4.000 untuk anak untuk masuk kedalam Monas.

2. Taman Impian Jaya Pantai Ancol

Tempat wisata yang di kelola oleh Pemkot Jakarta ini merupakan salah satu land marknya lokasi wisatanya orang Jakarta. Sebab selain memiliki tempat yang seluas 522 hektar, Ancol juga lengkap dengan berbagai jenis kegiatan wisata untuk berlibur.

Pada awal pembangunan Ancol sudah dimulai sejak lama yaitu pada era tahun 1954, hingga di buka umum pada sejak tahun 1968. Sehingg wajar kalau Nama Ancol begitu melekat oleh warga Jakarta khsusunya dan para pelancong dari luar Jakarta pada umumnya.

Salah satu kegiatan favorit warga Jakarta adalah dengan menikmati suasana Ancol yang sejuk dengan pemandangan pinggir pantai serta gedung bertingkat pada bagian pesisirnya. Bermaain air di pantai Ancol  adalah kegiatan yang sangat seru dan paing di gemari anak-anak, jadi Kamu bisa memilih kegiatan ini untuk berlibur bersama si buah hati.

Kawasan Ancol memiliki area wisata yang terbagi sebagai pantai, taman, tempat hiburan, edukasi, hingga konservasi tumbuhan dan hewan. Selain itu tempat wisata yang memiliki luas 552 hektar ini juga terdapat beberapa hotel dan penginapan serta resto ternama.

Beberapa wahana hiburan hiburan yang ada di Taman Impian Jaya Ancol di antaranya Dufan, Seaworld, Gelanggang Samudra serta Atlantis Water Advanture. Seumanya bisa kamu kunjungi dengan membayar tiket masuk tambahan dan harga yang berbeda-beda.

Waktu terbaik untuk mengunjungi ancol adalah pagi hari untuk tracking dan olah raga serta sore hari untuk bermain di pantai. Sedangkan malam hari untuk menimati pemandangan dan hembusan pantai yang sejuk.

3. Kebun Binatang Ragunan

Sebuah taman berbentuk konservasi dan mempertunjunkan berbagai fauna yang biasa di sebut Taman Marga Satwa Ragunan atau kebun binatang Ragunan. Ragunan memilki koleksi lebihdari 4.000 jenis hewan dari 290 spesimen yang bisa di suguhkan kepada pengunjung yang datang.

Dengan harga yang relative terjangkau kebun binatang Ragunan menjadi pilihan tempat wisata murah di Jakarta. Hanya dengan membeli tiket masuk seharga Rp 4.000 / orang (dewasa) danRp 3.000 / orang (anak). Kamu bisa bereliling melihat satwa-satwa lucu hingga hewan buas.

Adapun seperti jenis hewan reptile, mamalia, unggas dan ikan (hewan air) yang bisa Kamu lihat dengan menyusuri traking area nya masing-masing. Selain itu dengan wilayah seluaa 13 hekatar Kamu akan merasa seperti berada pada lingkungan habitat asli. Serta akan merasa nyaman karena dilengkapi taman-taman yang luas yang bisa dimanfaat untuk bersantai.

Sementara untuk masalah akses selain menggunakan kendaraan pribadi Kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan umum seperti Transjakarta atau angkot. Atau bisanya kalau secara rombongan keluarga Kamu juga bisa menggunakan carteran sewa elf di Jakarta yang bisa di gunakan seharian.

Operasional jam buka Kebun Binatang Ragunan terbuka untuk umum setiap hari Selasa sampai Minggu mulai dari pk 08.00 – pk 17.30. Sebaiknya kamu bisa datang mulau pagi  hari kalau ingin menikati koleksi hewan hewan dengan puas, serta jangan lupa  menggunakan kostum santai. Karena Kamu akan berkeliling dengan berjalan kaki pada sebuah lawahan yang sangat luas.

Serta jangan lupa agar lebih nyaman Kamu bisa membawa bekal makan dan minum dengan membawa alas (tikar). Sebab dengan taman yang luas biasa dimanfaat pengunjung untuk bersantai dengan alas.

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII Jakarta

Sebuah taman miniature of Indonesia yang begitu kental dengan mengexplore segala kelebihan budaya Negara tercinta Indonesia. Kamu bisa berkeliling melihat deretan anjungan rumah adat dari Sabang samapai Merauke lengkap dengan baju adatnya. Serta gugusan kepulauan di tengah danau buatan yang menggambarkan pulau-pulau di Indoneisa.

Ada juga terdapat beberapa museum yang di bangun di TMII seperti museum Iptek, museum Transportasi dan beberapa lainnya. Selain itu kamu bisa mengunjung beberapa tempat hiburan seperti  Keong Mas yang memepertontonkan film drama sebuah dongen Keong Mas yang sangat terkenal. Atau juga hiburan Taman Legenda dan Istana Boneka yang cocok untuk untuk mengisi waktu berlibur dengan kaluarga.

5. Gerja Katedral Jakarta

Gerja Katerdal Jakarta adalah tempat wisata Jakarta yang merupakan sebuah bangunan tempat beribadah umat Katolik terkenal dan masuk dalam cagar budaya. Sebab bangunan ini sudah berdiri sejak lama yaitu diresmikan tahun 1810 dengan gereja bergaya Noe-Gotik.

Gerja Katredal di buka untuk umum bagi para pengunjung yang ingin berwisata religi dan melihat sejarah umat Katolik. Setiap pengunjung yang datang wajib bisa melaporkan diri dengan mengambil kartu pengunjung. Sedangkan untuk datang kelokasi yang berdaa di Jakara Pusat ini bisa menggunakan kendaraan Transjakarta.

6. Masjid Istiqlal

Bagi para pelancong dari luar kota yang ingin berwisata religi, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Masjid Istiqlal. Masjid ini merupkan masjid nasional yang tidak hanya sebagai kegiatan ibadah, tapi sering juga digunakan sebagai kegiatan sosial keagamaan.

Sedangakan selain bangunannya yang besar hal yang membuat menarik lainnya adalah lokasinya yang besebrangan dengan Gerja Katredal Jakarta. Jadi bagi Kamu yang berkunjung Kejakarta bisa sekalian mengunjung tempat wista relegi ini berurutan.

Masjid Istiqlal memiliki luas 10 hektar yang dapat menampung 120.000 jema’ah dalam waktu yang berurutan.Selain itu Istiqlal Jakarta juga di nobatkan menjadi masjid terbesar se Asia Tenggara dan masjid terbesar pertama di Inonesia.

Terutama pada hari libur, masjid Istiqlal banyak di datangi oleh rombongan wisatawan dari berbagai daereah dengan menggunakan kendaraan bus pariwisata. Tapi jika ingin menggunakan kendaran umum, kamu bisa mengunakan Transjakarta.

7. Klenteng Jin De Yuan

Klenteng KimTek Lie atau Jin De Yuan atau juga disebut Vihara Dharma Bhakti adalah klenteng di Jakarta yang selalu ramai terutama pada hari raya Imlek. Tempat ibadah agama Konghucu yang mayoritas keterunan enis Tionghoa ini berada di wilayah sibuk perdangan di pecina, Glodok- Jakrta Barat.

Bangunan dengan warna merah mecolok ini berada pada jalan yang tidak terlalu luas karena terhapit oleh pertokoan sebagai tempat berniaga. Padahal kepadatan bisa terjadi dengan perkiraan 5.000 umat beradatangan selama masa Imlek di Klenteng yang memiliki bangunan seluas 3.000 meter persegi ini .

Sebab yang membuat menarik dari tempat ini adalah merupkan seabagai Klenteng multicultural. Jadi bagi yang menganut kepercayaan lain juga beribadah di tempat ini seperti Tao dan Budha.

8. Bunderan HI

Hotel Indonesia adalah bangunan yang di buat untuk menginap para tamu Negara dan atlet dalam perhelatan acara Asean Games ke 4 pada tahun 1962. Posisi Patung Salamat Datang yang tepat berada pada bunderan yang kahir mucul penyebutan Bunderan HI yang begitu popoler.

Lokasi Bunderan HI ini terletak di jalan protokol perkantoran yang menjadi jantung perekonomian kota Jakarta. Jadi kamu bisa menikmati jalan-jalan santai di tengah kota dengan pemandangan gedung gedung tinggi pencakar langit.

Apa lagi jika pada malam hari, pemandangan lampu gedung-gedung perkantoran menghiasi dengan indah nuansa malam disini. Serta air mancur Bunderan HI juga dengan hiasan lampu warna-warni membuat suasana sangat indah.

Selain bisa dijadikan ajang tempat wisata di Jakarta pada malam hari, acara Car Free Day du Bunderan HI juga bisa kamu pada akhir pekan. Lokasi nya di sepanjang Jl. Jendral Sudirman dan MH.Thamrin yang akan steril dari kendaran bermotor pada jam 06.000 hingga jam 10.00 dengan bertema go green.

9. Dufan

Dunia Fantasi atu Dufan adalah sebuah taman rekreasi keluarga yang berada dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Dufan memerkan beberapa wahan dengan tekhnologi modern yang siap mengajak andrenalinmu naik tinggi dengan cepat.

Taman hiburan ini memiliki luas 9,5 hektar dengan banyak wahana yang pada dasarnya terbagi menjadi 4 bagian level tantangan yang cukup menantang mu. Yaitu Children Rides, Family Rides, Water Rides, dan Thrill Ride yang mana memiliki sensasi petualangan beda-beda.

Pada temanya Dufaan mengajak pengunjung untuk merasakan berimajinasi fantasi keliling dunia yang memiliki ciri khas masing masing kawasan. Seperti kawasan Jakarta, Amerika, Istana Boneka, Indonesia, Eropa, Asia, Hikayat, Petualangan, Yunani, Indoor Dufan, dan Dunia Kartun.

Beberapa wahan muali dari komedi putar, biang lala, roler coaster hingga wahan exterem seperti tornado dan Hysteria serta banyak hiburan seru lainnya. Tapi pastikan kamu meyiapkan mental dan ikuti arahan serta aturan yang berlaku, karena beberapa wahan hanya di perbolehkan untuk kriteria khusus yang masuk syarat keselamatan.

Kamu bisa datang ke Dufan dengan akses kendaraan umum seperti Transjakarta atau Angkutan kota. Tapi biasanya banyak juga cara gheatring kantor secara rombongan menggunakan sewa bus pariwisata Jakarta sebagai transportasinya. Sedangkan tiket masuk Dufan seharga Rp 250.000 hingga Rp 350.000 belum termasuk tiket masuk Acol.

10. Play Parq @Kemang

Ingin bermain santai tapi seru bersama sibuah hati? Play Parq Kemang adalah salah satu pilihan yang bisa kamu kunjungi. Play Park Kemang diperuntukan unutuk anak usia 1- 12 tahun dengan harga tiket Rp 50.000 / orang dan Rp 10.000 untuk pendamping

Tempat ini menyediakan area bermain dalam dan luar ruangan yang aman dan akan membuat anak-anak ceria dalam bermain. Tapi usia 1 samapai 6tahun lebih intuk menikmati wahana indor, sedangkan 6 samapai 12 tahun lebih cocok pada aera outdor.

Tempat ini buka dari pk 10.00 – 17.00, jadi untuk keseruan yang lebih puas sebaiknya datang lebih awal. Karena tempat ini memiliki beberapa arena permainan yang sayang jika dilewatkan. Seperti Istana play ground, flying fox, trampoline, perosotan, rumah pohon dan tentu arena kolam untuk bermain air.

11. Allianz Eco Park Ancol

Allians Eco Park dalah sebuah wahana berupa pertunjukan lingkungan mengusung tema Go Green dan Energy yang berada dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Harga tiket masuknya senlai Rp25.000 dan buka dari jam 06.00 pagi hingga jam 17.00 sore.

Pemanfaat lahan yang menjadi tempat ruang terbuka bersuguhan pengalaman dan petualangan berbeda lengkap dengan aneka pengetahuan botani dan rekreasi alam ada di sini. Keindahan seperti berada di dalam area perkebunan yang teduh adalah perbedaan pertama yang kamu rasakan bila membandingkan dengan keramiaan kota Jakarta.

Kamu bisa mendapatkan 4 manfaat langsung dari Alliaze Aco Park Ancol ini yaitu Eco-Art tempat untuk melihat berbagai seni dan pameran yang tersedia. Eco-Nature merupakan ruang eduttaimen penataan suasana hijau yang menenangkan dan melihat beberapa fauna unik.

Aco-Art adalah bagian dari permaian yang ada di dalam Eco Park Ancol yang bisa sebagai sarana melepas kepenatan dengan kegiatan eduksi seru secara kekeluargaan dan ramah. Sedangakan Eco-Energy bersifat pengetahuan yang mengajak pengunjung memanfaatkan tentang sumber energy yang tepat.

12. Skyworld

Bila kamu ingin mencari tema liburan tempat wisata Jakarta yang berbeda, kamu bisa mengunjungi Skyworld yang ada di komlpek TMII. Tempat ini adalah sebuah planetarium yang bisa sebagai wisata edukasi tentang astronomi dan luar angkasa yang sangat cocok untuk pengetahuan anak-anak.

Skyworld memliki banyak informasi tentang dunia antarikasa yang mana terdapat sebuah dome yang berisi gugusan rasi bintang dan segala tata surya nya. Juga tokoh astronom dunia lengkap dengan replika pesawat angkasa dan mesin penjelajah luar angkasa. Bahkan di tempat inia juga ada suguhan film 5 dimensi seru yang mengajak kamu berpetualang.

Tidak hanya itu setalah menghabiskan seru-seruan di dalam Skywordl kamu juga bisa menikmati permainan luar ruang yang sangat ramah untuk Anak. Jadi dengan membayar tiket seharaga Rp 60.000 / orang, pengunjung juga di suguhkan permainan play groun, trampoline, panjat dinding serta taman air yang memiliki perosotan yang bisa untuk berbasah basahan.

13. Kidzania

Rekomendasi tempat liburan untuk anak berikutnya adalah Kidzania, sebuah konsep edutainment yang mana mengajak anak-anak berwisata, bermain sambil belajar. Bermain di tempat ini akan membangkitkan majinasi profesi dan mengajak anak untuk mewujudkan ekspresi serta bertindak dalam memutuskan sesuatu tanpa ada hambatan.

Kidzania adalah wahan permainan atraktif yang mengajak anak untuk di berikan kebebasan beraktifitas yang berhubungan dengan kegiatan industri orang dewasa di dunia nyata. Beberapa profesi itu misalanya penerbang, arkeolog, memasak, membuat roti, membuat coklat, perbankan, kliknik kesehatan, pemadam kebakaran, polisi, arsitek, engineering dan masih banyak lagi.

Harga tike masuk Kidzania seharga Rp 295.000 (weekday) dan Rp 325.000 (weekend) yang peruntukan unuk anak usia 4 -16 tahun. Sedangkan harga tiket untuk pendamping orang dewasa seharga Rp 250.000 (weekday) dan Rp275.000 (weekend).

14. Ice skating Mall Taman Anggrek

Sebagai Negara beriklim tropis tentu tidak ada musim salju di Indonesia, tapi kamu bisa menemukan tempat bermain Ice Sakting di Jakarta. Jadi bila Kamu ingin bermainan seluncur es indoor bisa datang ke Mall Taman Angrek lantai 3 dengan biaya Rp 105.000 / orang.

Untuk bermain disini suasanya cukup dingin, jadi disarankan menggunakan baju hangat tapi tetep nyaman. Pengunjung diberikan sepatu khusu untuk bisa berseluncur dan juga di wajibkan menggunakan kaos kaki serta sarung tangan.

Bagi yang mencoba dijamin pasti akan merasakan keseruan dan sensasi yang berbeda. Jadi jangan ragu untuk datang ke Ice Skating Mall Taman Anggrek untuk mengisi waktulibur Kamu.

15. The Escape Hunt

Apa Kamu ingin mencari tempat wisata Jakarta yang anti main stream ? The Escape Hunt bisa sebagai alternatife liburan bersama keluarga lho. Sebab tema hiburan satu ini bukan nya membuat relax tapi bisa jadi akan membuat Kamu menjadi pusing. Karena Kamu menemukan tema liburan menjadi sebuah detektif yang di tuntut memecahkan sebuah misteri.

Dalam The Escape Hunt memiliki 5 kasus yang beda, pengunjung bisa memilih 1 tema kasus untuk dimainakan dengan durasi 1 jam. Kamu bisa bermain berkelompok minimal 2 orang samapai 5 orang. Setiap tim akan di damping dengan 1 game master untuk pendamping

Settingan interior dibuat semenarik mungkin agar pengunjung terbawa suasana yang sebenarnya, jadi kebayang dong kesruan dan ketegangan yang bakal Kamu dapatkan. Lokasi The Escape berda di daerah Kemang, Jakarta Selatan

16. Bounce Street Trampoline Park

Pusat Rekreasi Indor untuk umum dengan permainan trampoline, jaring bola basket dan kolam busa stearafom. Bounce Street Trampoline Park berada di daerah Kelapa Gading Jakarta Utara yang menawarakan olah raga sambil bermain dan sekaligus menerapkan metode ketangkasan.

Kamu bisa melakukan aktifitas melompat pada area yang ada dengan memantulkan pada alas khusus yang membal. Pengunjung dilarang menggenakan gelang, jam tangan,serta akessoris yang menempel pada tubuh dan pakaian. Penggunaan sarung tangan dan kaos kaki juga sebagai standart kemanan tempat ini yang harus di pakai.

Sebuah arena yang cocok untuk mengisi waktu libur di akhir pekan. Harga tiket masuk sebesar Rp 150.000 / orang. Kamu bisa datang pada jam operasional yaitu pada jam 8 pagi sampai jam 8 malam.

17. Kid City Cempaka Putih

Wahan permainan atraktif yang seru untuk anak dan dewasa dengan beberapa wahana seru dan menantang bisa kamu temukan di Kid City yang terletak di Transmart Carefour Cempaka Putih. Tempat ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam dengan harga berfariasi setiap permaiannya mulai dari Rp 50.000.

Kamu bisa menemukan wahana permainan roler coster, mandi bola, panjat tebing, bom-bomcar, kemidi putar, flying swing dan masih banyak lagi. Tempat ini menjamin keseruan bermain dan aman untuk putra putri.

18. Kampung Main Cipulir

Sebuah taman bermermain yang sangat seru dalam mengisi waktu anak dengan kecerian sambil berlibur karena terdapat banyak arena permainan. Kampung Main Cipulir berada di wilayah Cipulir, Kebayoran Lama Jakarta Selatan yang lokasinya sangat mudah di  jangkau dengan kerndaran Transjakarta atau mobil pribadi.

Harga tiket Kamupung Main Ciupilur senilai Rp 7.000 (weekend) Rp 8.000 (weekday). Beberapa wahan permainan oubond seperti flying fox, motorATV,  Delman, berkuda serta kolam renang bisa kamu nikmati dengan tiket berbayar terpisah.

19. Pulau bidadari

Pulau yang berjarak 20 menit dari pelabuhan Marina Ancol ini bisa sebagai tujuan wisata pantai yang tidak begitu jauh dari Jakarta. Sebab kamu bisa datang ke salah satu kepulau bersejarah ini hanya seharian dari pagi samapai sore, alias tidak perlu menginap.

Benteng Martelo adalah spot popoler yang bisa kamu kunjungi dengan menyewa perahu sambil bekeliling Pulau Bidadari. Serta bermain water sport seperti kano, jetski atau banana boat adalah hal yang bisa kamu lakukan di Pulau Seribu.

Selain itu tentu berfoto ria dengan pemandangan yang indah perairan laut yang bersih. Bahkan dengan spot yang pas, kamu bisa mengambil gedung-gedung tinggi di Jakarta sebagai back ground foto.

20. Pulau Tidung

Sebuah pulau wisata pantai yang masih masuk daerah administrative Kecamatan Pulau Seribu Jakarta Utara. Pulau tidung besar seabagai pemukiman penduduk, sedangakan Pulau Tidung kecil untuk konservasi alam dan wisata.

Kamu bisa menimkati panorama keindahan pantai yang bersih dan hembusan angin yang sejuk disini. Selain itu kamu juga bisa bermain di luat dengan melompat dari sebuah jembatan cinta yang sangat cocok ketika pagi atau sore hari.

Perjalnan 40 menit dari Jakarta menggunakan perahu di pagi hari, kamu bisa menikmati tour wisata 1 hari penuh. Selain itu snorlinkg, foto under water, banana boat atau bersepeda adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan di pulau Tidung.

21. Pulau Kelapa

Pulau kelapa bisa di bilang pulau yang sedikit berbeda dengan pulau-pulau lain di kepulauan seribu. Tempat ini terdapat hutan mangrove dan penangkaran penyu sisik yang bisa kamu jadikan agenda saat mengunjungi tempat wista Jakarta yang satu ini.

Lokasi ini terdapat home stay yang bisa kamu gunakan jika ingin bermalam, sedangkan saran transportasi menuju pulau Kelapa bisa kamu akses dari pelabuhan Angke atau Marina Ancol. Aktifitas selain menikmati keindahan pantai yang asri Kamu juga bisa menikmati fasilitas watersport, snorkeling, diving serta islan hoping.

22. Pulau Pramuka

Bila kamu ingin mengunjungi wisata pulau seribu, kamu wajib memasukan nama Pualu Pramuka sebagai lokasi wista Jakarta untuk agenda berlibur. Pulau seluas 16,73 hektar ini konon memang sering terdapat aktifitas pramuka, tapi kini lebih banyak digunakan sebagai objek wisata.

Ada beberapa aktifitas bermain pada pulau Pramaka yang bisa kamu lakukan seperti bermain water sport, bersepeda santai, berperahu menjelajahi pulau sekitar hingga aktifitas diving di Pulau Pramuka.

23. Taman Wista Alam Mangrove

hutan mangrove pantai indah kapuk

Tanaman Mangrrove bisa berfungsi sebagai penahan pengikisan daratan dari air laut. Nah Jakarta sendiri terdapat Hutan Mangroove yang merupkan sebuah program pemerintah DKI Jakarta yang lokasinya berada di pesisir derah Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakara Utara.

Hutan Mangrove ini di buka untuk umum bagi pengunjung yang ingin berwisata atau melepas penat dalam mengisi liburan. Adapun harga tiket masuk sebesar Rp 25.000 / orang (dewasa) dan Rp 10.000 / orang (anak), untuk jam operasional muali dari pk 08.00 hingga pk17.00

DI tempat ini Kamu bisa memanfaatkan beberapa spot berfoto dengan pemandangan hutan Mangrove dan tanaman Bakau dengan terdapat jalur perairan yang indah. Disini Kamu juga bisa menaiki fasilitas perahu untuk berkeliling dengan tariff Rp 250.000 per perahu (isi 6 orang).

Selain itu Hutan Mangrove Jakarta juga menydiakan fasiitas bermalam di pondok-pondok kecil atau camping ground bagi yang ingin merasakan sensasi tidur di area hutan dengan tarifnya yang berfariasi. Serta disini juga tersedia toko souvenir dan cindera mata, jadi Kamu bisa membeli beragam oleh-oleh khas Jakarta.

24. Taman Wisata Lebah (Buperta Cibubur)

Sebagai alternatife liburan Taman Wista Lebah Buperta Cibubur bisa Kamu jadikan solusi wista edukasi bagi kita semua, terutama untuk anak yang masih rentang usia TK atau SD. Lokasi taman ini berada dalam wilayah komplek perkemaahn Pramuka di Cibubur Jakrta Timur.

Sebagai taman edukasi ada beberapa replika lebah disini serta banyak taman yang berhiaskan tanaman-tanman indah yang bisa di jadikan tempat berfoto. Namun ternyata tanaman tersebut tidak hanya sebgaia hiasan saja, tapi juga sebagai lebah mencari makan untuk memproduksi madu.

Kamu bisa membayar tiket masuk hanya seharga Rp 5.000 / orang dan jika ingin mendapatinformasi lebih, kamu bisa menggunakan jasa pemandu yang akan menjeaskan tentang segala yang ada di tempat tersebut . Muali dari penjelasan dunia lebah, penangkaran, madu serta produk olahan dari lebah lainnya.

25. Taman Wiladatika Cibubur

Taman Wiladatika berlokasi tidak jauh atau tepatnya bersebrangan dengan Buperta Cibubur (Taman Wisata Lebah) dan sekitar exit TOL Cibubur. Pengunjung taman ini sering menggunakan area ter bukanya untuk acara pertemuan dengan tema luar ruangan, walau juga memiliki aula secara indoor.

Sedangkan daya tarik taman Wiladatika Cibububur adalah keberadaan sebuah taman bunga yang asri dan taman jamur, serta terdapat kolam air mancur di tengah nya. Keberadaan hamparan lapangan yang luas dengan adanya pepohonan dan beberapa saung menjadi tempat out door yang sejuk untuk berkumpul.

Selain itu di tempat ini juga ada tempat arena hiburan anak berupa bom-bomcar, mini jet hingga sebuah taman kelinci yang bisa mengajak anak-anak untuk memberi makan. Bahkan ada kolam renang dan kolam terapi ikan yang bisa digunkan sebagai sarana berlibur bersama keluarga.

Tak lupa terdapat wahan permainan outbon dan paint ball untuk menambah keseruan pagi pengunjung yang sedang mengadakan acara ditempat ini. Adapun taman Wildatika ini dibuka untuk umum dengan tarif Rp 10.000 perorang untuk 1x kunjungan.   

26. Setu Babakan

Bila kamu ingin meilihat sebuah kawasan cagar budaya lokal mengangkat tema masyarakat Betawi, Setu Babakan bisa menjadi salah satu tujuan wisata di akhir pekan. Lokasi ini memang terletak di wilayah Srengseng Sawah kota Depok, Jawa Barat. Tapi karena bermuasal banyak nya warga Betawi yang sebagai penduduk asli orang Jakarta bermukim disini. Maka Setu Babakan menjadi lokasi wisata yang sering penduduk Jakarta datangi, terutama di saat hari libur.

Setu yang dalam artinya adalah danau, karena memang lokasi ini berada di tepian danau. Jadi kampung budaya Setu Babakan menjadi sebuah tempat pertunjukan serta mengajak atau gerakan pelestarian adat dan budaya Betawi.

Pada beberapa event Setu Babakan kamu bisa melihat pertunjukan kesenian tradisional Betawi, rumah adat, pakaian, tranporasi, permainan serta menemukan makanan khas Jakarta. Kamu bisa membeli jajanan khas Betawi hingga macam-macama aksesoris dan busana yang bertema Betawi.

Selain wisata budaya yang mengedukasi, kamu juga bisa merasakan wisata agro dengan tema buah buahan. Beberapa beberapa buah tersebut dulu pernah banyak di tanah betawi yang sekarang sudah sulit di cari. Misalnya buah menteng, buah rukem, gohok, buah bihbul, buah kecapi, jambu bol, jamblang serta buah buni. Kamu bisa bernostagia dengan beberapa macam buah tersebut dan bisa sebagai buah tangan.

27. Kawasan Wisata Kota Tua

Setiap kota di Indonesia tentu memiliki riwayat atau sejarah masing masing, termasuk juga Jakarta yang menjadi pusat kota pemerintahan. Banyak terdapat museum-museum yang di bangun dan beberapa tempat sejarah peninggalan erea jaman penjajahan di Kota Tua Jakarta

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata jakarta ke beberapa lokasi museum bersejarah sekaligus di tempat Kawasan Kota Tua ini. Mulai dari museum Bahari, museum Wayang, museum Bank Indonesia, museum Bank Mandiri, museum sejarah Jakarta hingga museum Seni Rupa dan Keramik. Atau jika ingin melihat lebih kengkap, Kamu bisa mengklik daftar museum di Jakarta ini.

Bangunan khas Belanda masih kental pada tempat ini, bahkan dengan ornament meriam yang sengaja di tempatkan di altar taman dengan alas batu alam. Sehingga membuat tempat syarat sejarah ini begitu mampu membawa pengunjung membayangkan suasana Jakarta tempo dulu.

Banyak beberapa event diselenggarakan di tempat ini dari pagi hingga malam, terutama di akhir pekan. Kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan akses commuter line yang langsung turun di stasiun Jakarta Kota, atau bisa juga menggunaakan Transjakarta.

28. Taman Ismail Marzuki

Setalah lama proses revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) telah di buka kembali untuk umum pada bulan Juni 2022. Lokasinya berdektan dengan Institute Kesenian Jakarta dan Planetarium. TIM merupkan kawasan wisata tentang edukasi kesenian dan kebudayaan dengan menyediakan banyak aula dan pertunjukan.

TIM merupkan sentral seni yang sering orang  kunjungi dari berbagai daerah. Kamu bisa mengahbiskan berlibur bersama keluaga sambil melihat beragam tontonan keseni. Seperti kegiatan seni lukis, seni tari, seni suara, seni beladiri, seni theater, seni musik, pertunjukan drama dan lain sebagainya.

29. Wisata Kali Besar Jakarta

Bagian dari wisata kota tua Jakarta yang berada di sebelah utara dengan jarak sekitar 5 km dari Museum Sejarah. Kamu bisa melihat bangunan-bangunan lama dan perombakan aliih fungsi sungai Ciliwung yang langsung mengarah ke teluk Jakarta.

Aktifitas jalan-jalan santai dan berfoto bisa kamu lakukan disini. Tanpa biaya tiket masuk lokasi ini menjadi tempat wisata gratis di Jakarta.

30. Pelabuhan Sunda Kelapa

pelabuhan sunda kelapa jakarta

Sunda Kelapa merupakan salah satu tempat bersejarah yang memiliki riwayat jalur perdagangan pulau Jawa, khususnya Batavia pada saat itu. Hingga saat ini Kamu bisa melihat tempat yang menjadi bukti sejarah kota Jakarta sejak jaman dulu ini.

Aktifitas bongkar muat kapal kayu masih bisa kamu temui disini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.500 /orang. Adapun waktu yang ideal kamu bisa datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa pada sore hari.

31. Rumah Sipitung

Pitung adalah salah satu pahlawan rakyat Betawi pada era penjajahan Belanda yang cukup terkenal. Keberadaan Rumah Sipitung berlokasi di Marunda Jakarta Utara yang kini menjadi warisan cagar budaya pemerintah kota.

Kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk menambah wawsan sejarah masyarakat asli Jakarta yaitu Betawi, harga Tiket masuknya sebesar Rp 5.000 /orang. Kamu bisa melihat ornament bangunan rumah panggung adat warga Betawi yang tinggal di pesisir pantai dengang ketinggi 4 mter.

32. Pantai Marunda

Pantai Marunda memang tak tampak seperti lokasi wisata pantai lainnya seperti Ancol. AKtifitas yang bisa kamu lakukan adalah kegiatan melihat pemandangan tanaman Mangrove, menikmati semilir angin yang sejuk atau menikmati matahari terbenam.

Namun pantai yang tidak jauh dari lokasi Rumah Si Pitung ini menawarkan lokasi yang cocok bagi kamu yang hobi memancing dengan harga tiket masuk Rp 10.000 / orang. Selain itu dsini juga terdapat beberapa bagan bambu yang bisa kamu jadikan spot memancing. Karena memang profesi sebagian penduduk di sekitar pantai marunda adalah nelayan.

Kamu bisa langsung menikmati hasil tangkapan ikan laut dengan menggunakan jasa rumah makan yang tersedia di skeitar pantai. Menikmati ikan segar yang nikmat dengan hembusan angin sambil melihat pemandangan panorama pantai bisa kamu rasakan untuk melepas penat.

33. Museum Joang ‘45

Mencari tempat wisata Jakarta bertema sejarah yang tak kalah penting adalah mengunjungi Museum Joang ’45 atau juga disebut Gedung Joang ’45 yang teletak di Jl. Raya Menteng no. 31 Jakarta Pusat. Gedung atau tempat pengikraran kemerdekaan oleh Presiden Indonesia pertama Soekarno-Hatta ini masih terawat dengan baik di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov. DKI Jakarta.

Di tempat ini kamu bisa melihat Mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden pertama dengan nomor REP 1 dan REP 2. Serta menonton film-film dokumenter bertema perjuangan juga perpustakaan tentang sejarah bangsa dan kemerdekaan.

Museum Joang ’45 terbuka untuk umum mulai pk 08.00 hingga pk 16.00 dengan harga tiket masuk Rp 5.000 (dewasa) Rp 2.000 (anak) dan Rp 3.000 (mahasiswa). Bahkan tempat ini juga sering mengadakan penyelenggaraan beberapa aevent perlombaan serti lomba mewarnai, loma melukis, lomba pidato serta lomba sejarah dan budaya lainnya.

Rate this post

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini