35 Daftar Tempat Wisata Hits di Cirebon

0
42
lokasi wisata hits di Cirebon

Kabupaten Cirebon terletak di Provinsi jawa Barat yang memiliki riwayat sejarah penyebaran agama Islam yang begitu kental. Jadi banyak terdapat Tempat Wisata di Cirebon yang biasa orang kunjungi untuk mengetahui beberapa bukti peninggalan peradaban tentang agas Islam.

Cirebon juga di sebut kota Udang, karena banyak industri kerupuk yang mencampuri dengan udang hasil tangkapan nelayan. Maka jangan samapai ketinggalan juga membeli kerupuk kalau Kamu berkunjung ke Cirebon sebagai oleh-oleh khas Cirebon.

35 Daftar Tempat Wisata di Cirebon Yang Cocok Untuk Keluarga

Cirebon memiliki beberapa tempat wisata menarik yang tersebar pada wilayah seluas 984,52 km persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 2.000 jiwa lebih. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sejarah seperti keraton, masjid, makam dan beberapa lokasi wisata lain.

Untuk Kamu yang punya rencana ingin liburan di akhir pekan sebaiknya mengetahui dulu beberapa lokasi wisata di Cirebon yang sedang hits sebagai referensi. Jadi kamu bisa menentukan tujuan wisata kamu dan lebih nyaman berkeliling dengan daftar tempat rekreasi Cirebon yang sudah Kamu susun di bawah ini.

1. Bukit Gronggong

Sebuah dataran tinggi yang berada di kecamatan Beber berjarak 8km kearah selatan kota Cirebon dan berbatasan dengan kabupaten Kuningan. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri pada siang hari. Serta menampilkan keindahan panorama gemerlap kota Cirebon malam hari dari ketinggian.

Bukit Gronggong menjadi salah satu tempat melepas penat sebagian warga Cirebon dan wisatawan yang datang bersinggah. Sebab pengunjung bisa melihat pemandangan dari atas bukit dengan suasana pedesaan serta terdapat beberapa restoran, cafe dan penginapan.

Pengunjung bisa datang ke tempat ini kapanpun dan bisa berhenti di beberapa tempat peristirahatan atau warung lesehan yang berada di sepanjang jalan. Serta jajanan dan kuliner hidangan lokal merupakan teman bersantai dengan keluarga saat wisata ke salah satu tempat wisata Cirebon Ini.

2. Bukit Plangon

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang ada di Cirebon yang memiliki unsur sejarah. Karena terdapat makam Tokoh pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan yang sering di kunjungi orang orang yang ingin berziarah.

Adapaun yang membuat menarik untuk di kunjungi adalah keberadaan tempatnya yang berada di perbukitan. Selain itujuga dengan berciri khas terdapat sekumpulan kera yang selalu menghampiri pengunjung. Jika Kamu ingin datang ke Bukit Plagon jaraknya berkisar 30 menit dari pusat kota Cirebon yang berada di kecamatan Sumber.

3. Wanawisata Ciwaringin

Destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi saat singgah ke Kota Udang ini adalah Wanawisata Ciwaringin. Yaitu merupakan tempat wisata populer di Cirebon berupa alam terbuka. Lokasinya berjarak sekitar 45 menit ke arah barat dari kota pusat kota Cirebon.

Pengunjung bisa menikmati beberapa keindahan alam dan beberapa titik spot untuk berfoto yang sangat menarik untuk diabadikan. Selain itu Kamu juga bisa melakukan aktifitas berkemah, wahana out bond, menunggang kuda sampai memancing ikan di sungai.

Selain itu tempat ini juga sudah terdapat fasilitas umum lengkap seperti mushola dan toilet umum. Bahkan ada juga juga fasilitas penginapan yang tersedia untuk pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan wisata alam di Cirebon.

4. Desa Cikalahang

Tempat ini adalah sebuah proyeksi desa wisata dengan pengelolaan dari masyarakat sekitar dimana sekarang menjadi sebuah tempat destinasi wisata baik warga Cirebon dan sekitarnya. Daerah ini mempunyai beberapa tempat rekreasi yang bisa di kunjungi seperti Telaga Remis, kolam renang Hegar. Serta bagi yang hobi memancing Kamu bisa memancing beragam ikan air tawar di Spot memancing Situ Pejaten.

Untuk Kamu yang singgah ke Desa Cikalahang bisa juga mencoba destinasi kuliner lokalnya yang lezat. Karena banyak rumah makan bertema makanan daerah dengan menu ikan segar. Selain itu ada beberapa area bermain out bond yang menantang untuk Kamu coba yang sangat di gemari oleh anak-anak.

5. Telaga Nilam

Saat kamu Berkunjung ke Cirebon, sebaiknya menyempatkan waktu untuk singgah ke sebuah danau indah yang memiliki air sebening kaca. Pantulan sinar matahari nya membuat warna air seperti biru ke hijau-hijauan dengan dasar batu alami dan di penuhi dengan ikan nilam air tawar.

Letak Telaga Nilam sendiri berada di kabupaten Kuningan Jawa Barat yang berjarak 40 menit kearah selatan dari kota Cirebon. Jadi danau yang mempunyai 2 kolam dengan kedalaman 1,2 meter dan 4 meter ini merupakan destinasi wisata yang cocok untuk di kunjungi. Setiap pengunjung bisa berenang sepuasnya dengan kejernihan air tawar dan tumpukan batu alam yang eksotik.

6. Danau Setu Patok

Setu yang berarti danau merupakan tempat yang juga banyak masyarakat gunakan untuk melepas penat. Jadi maka banyak orang berwisata terutama di akhir pekan dengan mengujungi danau yang ada di sekitar lokasi.

Kota Cirebon sendiri terdapat danau yang indah yang cocok untuk Kamu lihat jika berkunjung ke kota wali ini. Panorama danau yang memiliki luas 175 hektar ini sangat cocok untuk menikmati sunset di sore hari. Selain itu jika saat air surut Pengunjung bisa menyebrang ke pulau kecil yang berada di tengah danau dengan menggunakan perahu.

Baca juga : Tempat wisata di Bandung

7. Outbond Siwalk

Menikmati permainan yang menantang dengan adopsi pemandangan alam yang indah dari tempat ketinggian adalah sesuatu yang di tawarkan wahana out bond Siwalk Cirebon. Karena tempat ini mempunyai beberapa permainan seperti flying fox, spead boat serta ATV yang bisa kamu coba.

Lingkungan bermain tempat ini memiliki pemandangan yang indah karena berada pada daerah yang cukup tinggi, sehingga Kamu bisa menikmati pemandangan dengan hamparan pepohonan untuk melepas kepenatan. Jadi wajar banyak wisatawan lokal dan dari beberapa tempat sekitar yang datang tidak pada saat hari liburan saja tetapi juga saat hari biasa.

8. Batu Lawang

Menikmati wisata alam perbukitan dengan arena bebatuan menjadi ciri khas tempat wisata hits di Cirebon ini. Batu lawang merupakan objek wisata keluarga yang sangat cocok untuk mengisi liburan di akhir pekan jika Kamu pergi ke Cirebon.

Untuk saat ini harga tiket masuk ke Batu Lawang Cirebon sebesar Rp7.000/orang dengan retrebusi parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil persekali datang. Selain jika ingin seharian full berwisata, tempat ini juga menyiapkan layanan untuk berkemah, jadi Kamu bisa menikmati suasana pagi dan sore hari.

9. Situ Sedong

Tempat wisata Setu Sedong termasuk liburan yang low buget tapi mampu memberikan pesona yang memukau terutama di sore hari saat terik matahari tidak terlalu menyengat. Karena terdapat pepohonan yang rindang dan beberapa gazebo pada tepi danau yang bisa di gunakan untuk tempat beristrirahat.

Untuk masuk ke Situ Sedong cukup membayar Rp 3.000 /orang dan beberapa permainan perahu serta bebek bekan yang seru untuk keluarga mualai dari harga Rp 5.000 – Rp 10.000. Waktunya di buka 24 jam dengan lokasi 25 km dari pusat kota Cirebon kearah barat tepatnya berada di Kecamatan Sedong.

10. Telaga Remis

Satu lagi sebuah wisata alam di Cirebon sebagai destinasi liburan yang wajib Kamu masukan ke dalam daftar traveling bersama keluarga. Walaupun secara adminstatif masuk ke dalam Kabupaten Kuningan, tapi letak nya lebih dekat dari kota Cirebon. Karena memang Telaga Remis lokasi nya berada di ujung perbatasan kota.

Pepohonan yang lebat dengan kicauan burung yang bersahut – sahutan membuat tempat ini menjadi lokasi pas untuk bersantai melepas kepanatan dari kesibukan kota yang penuh dengan hiruk pikuk. Sebab selain melihat keindahan telaga yang berkukuran 3,25 hektar luasnya, Kamu juga bisa menikmati wisata perahu bebek air untuk mengelilinginya.

11. Makan Sunan Gunung Jati

Sebagai negara yang mayoritas beragama Islam, ada beberapa makam para tokoh penyebaran Islam yang menjadi pusat peziarah di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Sunan Gunung Jati adalah salah satu tokoh terkenal dan juga masuk sebagai kisah Wali Songo yang makamnya terletak di kota Cirebon.

Hampir setiap hari banyak warga berdatangan dari berbagai daerah datang untuk berziarah. Bahkan dari beragam etnis agama lain yang singgah sekedar melepaskan rasa penasaran dan sekaligus menjadikan destinasi wisata Cirebon. Karena memang keindahan beberapa bangunannya menggabungkan pepaduan arsitektur Arab, Jawa dan Cina yang begitu kental terlihat

12. Pantai Baro Gebang

Tempat wisata pantai yang umumnya di gunakan untuk kegiatan keliling pantai di pesisir laut dengan perahu milik warga yang biasanya digunakan untuk mencari ikan. Tapi Kamu bisa datang kesini dan merasakan semilir angin laut yang berhembus tak berhenti sambil bersantai di beberapa tempat atau warung warga lokal yang menjajakan makanan dan miuman.

Biasanya banyak juga warga lokal yang datang untuk memancing ikan di dermaga pelabuhan pantai Baro Gebang ini. Selain itu Kamu bisa menikmati pemandangan indah saat matahari terbenam tanpa biaya tiket masuk dan menjadi tempat wisata di cirebon gratis.

Baca juga : daftar nama pantai di Anyer

13. Pantai Kejawan

Bila Kamu datang ke kota Cirebon, sayang bila tidak mengunjungi Pantai Kejawan ini. Lokasinya berada di utara kota Cirebon yang selalu ramai di akhir pekan, terutama pagi dan sore hari.

Ada beberapa aktiftas wisata yang bisa pengunjung lakukan bersama keluarga mulai dari bermain pasir, menyewa perahu karet atau menyewa perahu nelayan untuk berputar mengelilingi pantai. Bahkan tak jarang orang yang datang kesini dengan niat ingin menyalurkan hobi memancing.

Pemandangan akan juga tampak indah apa bila matahari dengan perlahan terbenam di ufuk barat. Keindahan langit berwarna kemerahan dengan hembusan semilir angin laut akan memberikan cerita sendiri bagi pengunjung yang datang.

14. Alun-alun Kejaksan

Tak lengkap rasanya jika berkunjung kesebuah daerah tapi belum mengunjungi pusat kota nya yang biasanya berupa Alun-alun. Seorang tokoh yaitu Pangeran Kejaksan juga melekat dengan nama Alun-alun Cirebon ini bisa kamu singgahi sebagai wisata sejarah yang mempunyai banyak fasilitas untuk liburan.

Beberapa aktifitas lain untuk bersantai, berolah raga dengan menimkati joging trackn dan bermain di taman bermain anak serta wisata kulineran khas Cirebon adalah kegiatan yang bisa kamu temukan disini. Oleh sebab itu Alun-alun yang seluas 1 hektar ini menjadikan maghnet wisata yang cukup menarik bagi masyarakat Cirebon dan beberapa turis dan wisatawan lokal yang datang.

15. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Sebuah bangunan masjid bersejarah yang berkaitan kental dengan beberapa kerajaan seperti Majapahit, Cirebon dan Demak. Lokasi tidak jauh dari Alun-alun kota Cirebon dan dengan akses yang mudah untuk di kunjungi.

Dengan mempertahankan dominasi arsitektur Kerajaan Jawa pada masa lampau, membuat masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi umat islam yang ingin beribadah. Selain itu namanya juga terkenal sebagai Masjid Agung Sunan Gunung Jati, berada pada komplek Keraton Kasepuhan yang menjadi majsid tertua Cirebon. Maka tak khayal banyak pengunjung yang penasaran dan ingin melihat secara langsung suasana dan bangunan masjid tersebut.

16. Masjid Merah

Lokasinya yang berada di Jl. Panjunan maka orang menyebutnya juga sebagai masjid Jam’i Panjunan atau masjid Merah Cirebon. Masjid ini memiliki sejarah yang begitu dalam bagi agama Islam khususnya warga Cirebon dan penduduk pulau Jawa, karena menjadinya sebuah tempat yang sering disinggahi para Wali Songo.

Bentuk masjid merah yang berarsitektur Arab dan Cina serta berunsur Hidu begitu mudah terlihat pada setiap sudut bangunan. Adapun corak yang kental adalah bangunannya yang berwarna merah, karena memang pagarnya terbuat dari bata merah yang didirikan sejak tahun 1480 oleh Pangeran Panjunan sendiri.

17. Masjid Raya At-Taqwa

Saat lelah berkeliling kota, kamu bisa singgah ikon masjid kota Cirebon yang mempunyai arsitektur kombinasi bangunan Jawa Barat da Jawa Timur untuk melaksanakan sholat atau beristirahat. Masjid Raya At-Taqwa berada di pusat kota yang letaknya berdekatan dengan Alun-alun Kejaksaan yang sering juga digunakan sebagai pusat kajian dakwah dari berbagai daerah.

Banyak warga yang berkunjung ke Cirebon selalu mencoba menyempati ke masjid ini untuk mengisi agenda liburan. Selanjutnya Kamu bisa mengagendakan ke beberapa tempat kulineran yang masih banyak tersebar di sekitar area masjid.

18. Keraton Kasepuhan

Kota Cirebon mempunyai beberapa bangunan keraton bersejarah, salah satunya adalah Keraton Kasepuhan yang berada di Jl. Kasepuhan no. 43. Keraton ini dulu bernama Keraton Pangkuwati yang berdiri sejak tahun 1529 masehi dan terdapat beberapa benda pusaka, koleksi lukisan kerajaan, gamelan serta kereta kencana pengginalan Sunan Gunung Jati.

Kini keraton Kasepuhan bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata sejarah kerajaan saat berkunjung ke kota Cirebon dengan harga tiket masuk Rp15.000per orang. Liburan ke cirebon bersama rombongan atau keluarga akan lebih seru mengunjungi komplek Isata yang di dalamnya kamu bisa melihat beberapa bagian ruangan kerajaan.

Baca juga : Tempat wisata hits di Jogja

19. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman menjadi Cagar budaya yang merupakan salah satu bangunan kesultanan yang ada di Cirebon. Para pengujung bisa melihat benda-benda penginggalan kerajaan berupa kereta kuda bernama Paksi Naga Liman dan Jempana dan beberapa pusaka serta ruangan-ruangan kerajaan.

Saat mengunjungi Keraton Kanoman, kamu akan puas dengan segala isi bangunannya yang berdiri diatas tanah seluas 1.75.500 meter. Adapun dengan membayat tiket masuk hanya sebesar Rp 15.000 / orang kamu sudah bisa berkelilig mengamati bangunan kerajaan, pendopo dan kolam air yang sangat cocok untuk di jadikan dokumentasi pribadi.

20. Keraton Kacirebonan

Masa kejayaan Kerajaan Cirebon sempat meninggalkan sebuah bukti peradabannya berupa bangunan Keraton yang dibuat pada tahun 1808 pada masa penjajahan Belanda. Dengan bentuk dan arsitektur mengkombinasikan tradisional lokal, Belanda dan Cina membuat tempat ini begitu mempunyai ciri khas tersendiri.

Keraton Kacirbonan menyisahkan beberapa barang benda pusaka yang bisa di lihat seperti gamelan, wayang kulit, keris hingga perlatan perang lainnya. Adapun bangunannya seluas 46.500 meter membuat pengunung akan puas untuk berkeliling menyusuri ruangan yang ada. Bahkan dengan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang Kamu sudah bisa mendapatkan informasi lengkap saat liburan bersama orang-orang tercinta.

21. Taman Sari Gua Sunyaragi

Goa Sunyaragi adalah sebuah situs berjarah yang ada di kota Cirebon dimana dulu nya merupakan tempat meditasi para sultan. Bahkan juga merupakan tempat peristirahatan kelaurga kerajaan Cirebon yang kini menjadi destinasi wisata. Karena bentuknya yang unik berupa bangunan yang berupa tumpukan batu karang alami. Maka membuat lokasi ini menjadi tujuan wisata keluarga yang seru untuk di kunjungi.

Objek wisataini mempunyai sejarah panjang dan memiliki nilai seni tinggi. Sehingga membuat orang untuk datang berkunjung terutama menggunakan sewa hiace Jakarta. Tapi bagi pengunjung yang datang disarankan untuk membawa topi lebar. Karena untuk menghindari matahari yang cukup panas apabila berkunjung di siang hari ke tempat ini.

22. Vihara Dewi Welas Asih

Selain masjid sebagai tempat wisata religi, Cirebon juga terdapat juga sebuah Vihara tua tempat ibadah umat Budha. Usainya sudah sekitar 500 tahun yang di perkirakan sudah berdiri sejak tahun 1558 M.

Kelenteng Tiao Kak Sie namanya atau juga disebut Vihara Dewi Welas Asih yang dibuat oleh pendatang Tiongkok dan beridiri pada sebidang tanah seluas 1.8577 meter. Maka tidak ada salahnya jika kamu datang ke Cirebon, cobalah berkunjung ke Klenteng ini sebagai tempat wisata.

23. Klenteng Hok Keng Tong

Bangunan Klenteng ini juga sebagai salah satu tujuan wisata keliling kota yang bisa Kamu nikmati saat berkunjung ke Cirebon. Sebab tempat ini bisa menceritakan sejarah kelompok Tionghoa yang datang dan bermukim di pulau Jawan terutama di Cirebon dan membangun Klenteng pada sekitar tahun 1389.

Tak beda jauh dengan bangunan Klenteng pada umumnya, terdapat beberapa patung Dewa Dewi yang digunakan sebagai peribadatan agama Budha dan Konghucu. Adapun warna bangunan bercorak merah dan kuning begitu mendominasi bisa untuk tempat latar belakang ajang berfoto ria.

24. Gedung BAT

Cirebon mempunyai gedung bersejarah peninggalan kolonial yag menjadi cagar budaya dengan arsitektur bangunan Belanda yang menarik untuk wisata kota. Lokasi Gedung British American Tobacco (BAT) berada di kota Cirebon yang tidak jauh dari Alun-alun Kejaksan dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Jadi untuk kamu yang sedang berada di kota Cirebon bisa mencoba mengunjungi pabrik rokok yang sudah tidak produksi ini untuk foto-foto, bahkan sering juga digunakan ajang pemotretan komersil. Naumn walau sudah tidak ada aktifitas, tapi masih terdapat penjagaan dan pengawasan oleh pengelola.

25. Balai Kota Cirebon

Tempat kerja Walikota Cirebon ini mempunyai bangunan yang dominan berwarna putih dengan berhiaskan 4 ekor udang pada sudut bangunan. Gedung ini di dirikan sekitar tahun 1924 dengan arsitektur bergaya Eropa dengan kental ornamen kolonial Belanda.

Pada saat masuk lobi Balai Kota kamu bisa melihat piala Adipura dengan beragam ikon-ikon lokal yang disuguhkan. Jadi kamu bisa mengunjungi komplek ini sebagai tempat liburan untuk menggali beberapa sejarah yang ada di Cirebon yang orang juga menyebutnya dengan nama Balai Udang.

Baca juga : Daftar Tempat wisata di Jakarta

26. Kolam Renang Hegar

Cikalahang adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Dukuh Puntang Kabupaten Cirebon yang sering di jadikan destinasi wisata dan berlibur. Salah satu tempat favorit disini adalah Kolam Renang Hegar yang sangat menarik untuk lokasi liburan. Sebab Kamu bisa berenang dengan melihat pemandangan gunung kapur yang indah.

Salah satu kelebihan kolam renang ini yaitu memiliki air yang segar karena langsung bersumber dari mata air pegunungan, jadi tidak menimbulkan iritasi mata. Selain itu terdapat banyak pilihan kolam renang baik untuk anak-anak dan orang dewasa, serta dengan rindangnya pepohonan bisa bermanfaat untuk tempat berteduh.

27. Kolam Renang Zam Zam

Sebuah tempat rekreasi air yang lokasinya tidak jauh dari jalur utama Pantura yaitu kolam renang Zam-Zam yang juga sering di kunjungi masyarakat di akhir pekan. Arena bermainnya lengkap degan perosotan membuat anak-anak selalu merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Selain ada kolam renang anak yang aman untuk bermain si buah hati, juga terdapat kolam renang dewasa yang bisa di jadikan untuk aktifitas berenang keluarga. Karena tempat ini memiliki konsep fun famly yang cukup menarik serta menggunakan air yang bersumber dari air pegunungan yang memberikan sensasi rasa segar.

28. Water Park Ciperna

Mengunjugi tempat rekreasi air di Cirebon belum lengkap rasanya kalau tidak singgah di Water Park Ciperna yang lokasiny tidak jauh dari gerbang Tol Ciperna Utama. Banyak pengunjung lokal yang sering datang ke tempat ini karena selain memiliki beberapa permainan yang seru juga lokasinya juga lumayan luas.

Kamu yang singgah ke Cirebon bisa memilih water park Ciperna sebagai salah satu pilihan kolam renang di terbaik Cirebon. Sebab selain terdapat kolam renang untuk bermain air, juga terdapat danu Kyai Masni, perahu bebek, jembatan gantung, play ground untuk anak serta flying fox.

29. Banyu Panas Palimanan

Bila kamu sudah merasa lelah berkeliling wisata dikota Cirebon, tidak ada salahnya jika Kamu ingin menikmati sebuah kolam tempat berendam dengan air panas. Bayu panas Palimanan bisa menghilangkan rasa penat dan lelah setelah puas jalan-jalan dengan sensasi air panas alami yang bersumber dari alam.

Harga tikenya pun cukup terjangkau, hanya Rp 7.000 dan buka hingga sore hari pk 18.00. Jadi tempat ini bisa sebagai solusi bagi Kamu mencari kolam renang air panas di Cirebon. Karena sangat rekomendasi untuk mengisi liburan bersama keluarga di akhir pekan.

30. Jempol Waterboom

Tempat rekreasi air yang sangat seru untuk ukuran anak-anak dan dewasa ini berada di ujung barat Cirebon, tepatnya berada di kecamatan Ciledug. Harga tiket masuk perorang sebesar Rp 25.000 pada hari biasa dan Rp 30.000 pada saat hari libur.

Jempol Waterboom merupakan kolam renang di Cirebon yang bertema isatana air. Fasilitasnya lengkap dengan segala wahana water park Cirebon yang sangat menarik yang berwarna warni. Misalnya seluncuran dengan beragam ketinggian, seluncur spiral yang berutar, ember tumpah, area air mancur, kolam arus dan spot foto unik dan menarik.

31. Apita Waterboom

Tidak hanya destinasi sejarah yang bisa pengunjung nikmati di tengah suasana kota, tapi mengunjungi Apita Waterboom Cirebon adalah hal yang sayang untuk di lewatkan. Sebab wahana permainanya yang komplit dan seru bisa Kamu dapatkan, terutama untuk anak-anak. Harga tiketnya juga tidak terlalu mahal, Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 (anak) dan Rp 15.000 (dewasa).

Apita Waterboom letaknya yang berada di pusat kota Cirebon yang membuat kolam renang ini mempunyai akses mudah untuk di kunjungi. Sedangkan jam bukanya muali dari pk 08 – 17.00 dan dilengkapi fasilitas yang komplit. Misalnya dari kamar salin, toilet, gazebo, mushola, cafetaria dan lahan parkir yang luas serta beragam jenis wahana kolam renang tentunya.

32. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Area taman wisata ini termasuk tempat rekreasi populer di Cirebon yang mulai di rubah konsepnya menjadi Waterland semenjak tahun 2015. Adapun harga tiket masuknya sebesar Rp 15.000 dan Rp 25.000 sudah bisa menikmati segala wahana permainan airnya yang sangat seru untuk anak-anak. Misalnya ember tumpah, kolam arus, air mancur serta kolam seluncuran besarnya.

Salah satu ikon Cirebon Waterland Ade Irma Suryani adalah pemandangan suasana laut saat berada di Kapal Ceng HO, yaitu sebuah resto dengan sebuah geladak kapal di pinggir pantai. Bahkan tempat ini juga memfasilitasi penginapan dengan konsep rumah apung yang bisa mengajak Kamu berlibur dengan sensasi yang berbeda.

33. Pemandian Cibulan

Sambil jalan-jalan ke Cirebon Kamu bisa bergerak kearah selatan berjarak sekitar 25km atau kurang lebih 1 jam menuju daerah Kuningan, Jawa Barat. Kamu akan menemukan sebuah tempat pemandian yang memiliki mitos atau cerita rakyat yang unik dengan sumber dari mata air Gunung Ceremai.

Cerita tentang keberadaan ikan keramat yang bisa pengunjung rasakan dengan berenang di kolam yang sama adalah hal yang memberikan sensasi tersendiri. Ikan Kancra Bodas adalah sejenis ikanair tawar yang akana menemani pengunjung berendam di Pemandian Cibulan ini dengan ada yang memiliki penjang samapai 1 meter.

34. Kampung Batik Trusmi

Batik Megamendung adalah sebuah karya seni batik yang terkenal dan menjadi identitas kota Cirebon. Kerajinan ini berasal dari salah satu murid Sunan Gunung Jati yaitu Ki Gede Trusmi yang mengajari warga membatik. Maka hingga kini menjadi salah satu destinasi wisata fashion nya Cirebon.

Kampung Batik Trusmi adalah pusat industri batik di Cirebon sekaligus sebagai tempat wisata kuliner. Kampung ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar 4 kilometer di sebelah barat Kota Cirebon. Lokasi ini juga banyak di datangi oleh pelancong untuk belanja souvenir dan oleh-oleh kota Cirebon.

35. Wisata Kura Kura Belawa

Nah, tempat rekreasi Cireon terakhir yang bisa Kamu kunjungi adalah Objek wisata Kura-kura Belawa. Kamu bisa berwisata edukasi untuk mengenal satwa air yang mempunyai legenda di tengah-tengah masyarakat sekitar. Tempat ini menampung sebanyak 400 kura kura yang bisa pengunjung lihat lengkap dengan lokasi penetasannya.

Pada tempat ini ada kura kura yang usianya mencapai 150 tahun dengan berat 80 kg dengan kolam selebar 630 persegi. Penagkarannya berada pada kelompok kolam Kura-kura dewasa. Adapun dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja Kamu sudah bisa melihat ratusan kura-kura yang berada di habitatnya. Juga dengan beragam fasilitas dan suasana sejuk dengan adanya banyak pephononan yang tinggi.

Berikut informasi tentang daftar tempat wisata di Cirebon yang bisa Kamu kunjungi saat mampir ke Kota Udang ini. Jadikan liburan seru bersama keluarga menjadi lebih seru dengan bekal lokasi wisata menarik diatas

Rate this post

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini