10 Tempat Wisata Hits Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

0
189
objek wisata populer di jogja

10 Tempat Wisata Hits Di Jogja – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu daerah yang sangat ingin dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, apalagi setelah masa pandemi virus corona (COVID-19) berlalu. Maklum, Daerah Istimewa Yogayakarta memang mempunyai destinasi objek wisata yang yang lengkap. Sebab tidak hanya budaya, tapi juga wisata petualangan, kuliner, dan kekinian yang instagramable.

Selain itu, Yogyakarta juga terkenal sebagai destinasi wisata paling ramah kantong, terutama untuk para backpacker (wisatawan dengan budget minim). Berbagai destinasi menarik dengan wajah baru selalu hadir pada sebuah kota yang berjuluk kota Gudeg ini. Jadi tak heran jika hampir setiap akhir pekan atau ketika menjelang hari raya, kota Jogja akan selalu ramai pengunjug dan wisatawan, mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa.

Nah, yang ingin saya bahas adalah lokasi wisata Yogyakarta yang sedang populer dan trendi saat ini. Karena destinasi wisata ini, mungkin bisa menjadi sebuah rekomendasi untuk kamu yang telah merencanakan sebuah liburan dalam era new normal ke kota Yogyakarta. Berikut penjelasan 10 tempat wisata hits di Jogja.

10 Tempat Wisata Hits di Jogja Untuk Berlibur

  • Pantai Pok Tunggal

Pantai ini sangat hits, karena hanya ada Pohon Duras di kawasan pantai. Selain tentunya pemandangan yang indah dan sangat instagenic bagi anda yang suka berfoto selfie. Sedangkan untuk bisa mencapai lokasi Pantai Pok Tunggal Anda membutuhkan waktu sekitar 32 menit berkendara. Mulai dari Pantai Nglambor ke arah barat laut, atau tepatnya pada Desa Tepus, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Nah, ini pemandangan yang unik, yaitu pantai berpinggiran Duras satu-satunya di Yogya bisa Anda temukan. Karena konon nama “Pok Tunggal” sendiri berasal dari nama sebuah pohon yang hidup pada pinggir pantai dan hanya memiliki satu buah yaitu Pohon Duras.

Sehingga penduduk setempat sangat berhati-hati dan merawat Pohon Duras, bahkan hingga melarang setiap para pengunjung untuk tidak merusak pohon tersebut. Namun walaupun biaya masuknya memang sedikit lebih mahal, bila membandingkan dengan biaya pada pantai lainnya.

Tapi keindahan Pantai Pok Tunggal tetap tidak dapat tergantikan dengan apapun. Jadi abadikan momen indah Anda bersama keluarga, kerabat, dan teman di sini. Pantai ini akan terlihat lebih indah saat matahari terbenam (sunset). Banyak pelancong luar kota yang salah satunya menggnukan ransportasi sewal Elf di jakarta mengunjungi objek wisata hits Jogja dini.

  • Desa Wisata Kalibiru

Objek wisata yang sangat instagramable ini terletak di Bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah barat kota Yogyakarta. Adapun dari atas, Anda bisa melihat pemandangan perbukitan Bukit Menoreh sambil melihat Waduk Sermo yang membentang.

Berbagai momen indah tersedia dalam Desa Wisata Kalibiru ini, dari pagi hingga senja. Maka jangan lupa untuk membawa kamera Anda. Karena banyak spot-spot cantik nan indah yang sayang jika Anda tidak mengabadikannya. Pokoknya instagenic banget, dan saya jamin foto-foto yang kamu ambil luar biasa.

  • Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak pada Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Jaraknya sekitar 72 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogya. Mengapa pantai ini begitu hits? Karena Pantai Nglambor populer dengan istilah pantai yang memiliki ‘Dua Penyu Raksasa’.

Selain itu di depan Pantai Nglambor terdapat dua pulau karang yang terlihat seperti dua penyu raksasa. Sehingga keunikan dan keindah pulau karang ini juga berguna sebagai sebuah penahan ombak. Maka para pengunjung dapat berenang dan snorkeling di pantai dangkal ini.

Selain itu keberadaan terumbu karang, ikan-ikan kecil berwarna-warni dan berbagai biota laut masih asri untuk dilihat dengan air laut yang cukup jernih. Tapi buat Anda tertarik untuk berkunjung ke sini, karena ombak pada Pantai Nglambor cukup tinggi dan besar.

Jadi pastikan Anda dan orang yang Anda ajak bermain di pantai berair dangkal ini mematuhui peraturan yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan Anda berwisata ke sana.

  • Puncak Kosakora

Menikmati suatu keindahan sebuah laut selatan Pulau Jawa sambil berfoto sudah menjadi suatu hal yang wajib Anda lakukan. Apalagi saat mengunjungi wisata puncak Kosakora yang terletak arah tenggara dari kota Jogja. Bukit atau puncak yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut ini terletak di sebelah timur Pantai Drini.

Wisata Puncak Kosakora merupakan sebuah destinasi Puncak wisata yang cukup sulit untuk dikunjungi, apalagi saat pantai sedang dalam keadaan air pasang. Selain itu Juga pengunjung juga harus berjalan melalui jalan yang licin dan penuh semak belukar. Oleh karena itu jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang aman dan anti selip.

Tantangan Anda untuk sampai ke sana akan terbayar dengan panorama dan pemandangan alam yang memukau. Dari atas, Anda juga bisa melihat keindahan destinasi lain seperti Pantai Drini, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sundak dan lain-lain. Lokasi puncak Kosakora berada pada Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.

  • Kebun Buah Mangunan

Jika Anda berwisata bersama keluarga, tempat wisata di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang tepat. Selain untuk bersantai atau melarikan diri dari hiruk pikuk kota, Anda dan keluarga dapat menikmati buah segar. Adapun untuk menuju Kebun Buah Mangunan, pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih 52 menit (22 km) dari Kota Yogya (menuju jalan Imogiri Barat), tepatnya di Desa Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul.

  • Desa Kedung Miri

Desa Kedung Miri merupakan suatu desa wisata dengan sebuah pemandangan alam yang sangat indah dan beberapa spot yang menarik untuk berfoto. Jembatan Gantung Selopamioro adalah jembatan penghubung antara Desa Sriharjo dan Desa Selopamioro. Maka pengunjung juga bisa bermain body rafting di Sungai Oyo/Oya. Panjang dari sungai yang kurang lebih sekitar 1.500 meter ini dapat ditempuh selama 1 sampai 2 jam, di sungai ini juga terdapat sebuah air terjun kecil.

  • Gunung Api Purba Nglanggeran

Sebagai kawasan vulkanik aktif di pulau Jawa, juga terdapat jejak sejarah di Yogyakarta. Yakni keberadaan gunung api purba yang aktif puluhan juta tahun yang lalu. Gunung Api Purba Nglanggeran yang sudah tidak aktif lagi berupa batuan andesit dengan luas sekitar 800 meter dan tinggi sekitar 300 meter. Maka berbagai sisi indah juga ditawarkan di Pegunungan Nglanggeran, mulai dari sunrise, sunset hingga pemandangan malam dengan jutaan bintang bersinar indah di angkasa.

  • Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di Bleberan Playen, Gunungkidul. Tempat ini memiliki keunikan yaitu setiap hari aliran air terjun ini akan terus mengalir tanpa mengenal musim, baik musim hujan maupun musim kemarau. Konon Air Terjun Sri Gethuk merupakan lokasi khusus menyimpan Kethuk. Sedangkan nama Kethuk sendiri merupakan alat musik gamelan milik bangsa makhluk halus, yaitu Jin Anggo Meduro. Sehingga dari situ, nama Air Terjun Sri Gethuk sendiri berasal.

  • Cave Tubing Kalisuci

Tidak banyak yang tahu bahwa ada sungai yang mengalir di bawah tanah di Kota Sultan ini. Anda bisa menemukan sungai bawah tanah di Jetis, Paddyjo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 47,4 km atau 1 jam 30 menit dari kota Jogja.

  • Puncak Canting Mas Dipowono

Alam Kulon Progo memang terkenal dengan keindahannya dengan dominasi pegunungan hijau di utara dan pantai di selatan. Keduanya menawarkan eksotisme yang luar biasa. Maka boleh di bilang Puncak Canting Mas Puncak Dipowono menjadi salah satu bukti bahwa Kulon Progo memang layak disebut sebagai surga wisata alam di Yogyakarta.

Demikian ulasan tentang 10 Tempat Wisata Hits Di Jogja semoga bermanfaat.

5/5 - (1 vote)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini