Informasi Bus Transjakarta
Siapa yang tak kenal Transjakarta ? sebuah sistem angkutan umum yang di gadangkan menjadi fasilitas transportasi modern di Jakarta. Sebab dengan sistem transit cepat dan kendaraan ramah lingkungan, diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup warga serta kualitas udara Jakarta.
Transjakarta di resmikan pada tanggal 15 januari 2004 oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Sutiyoso. Namun proyek pembangunan Transjakarta dengan konsep Bus Rapid Transirt (BRT) ini sudah di munculkan sekitar tahun 2001.
Transjakarta sendiri menggunakan sistem desain transportasi dari sebuah kota di Bogota, Kolombia yang bernama TansMilenio.
Pada peresmian tersebut sekaligus juga sebagai pembuka proyek pertama dalam pengoperasiannya. Yaitu koridor 1 dengan rute Blok M – Kota yang saat itu lebih terkenal dengan penyebutan “Busway”.
Semenjak saat itu kehadiran Tansjakarta menciptakan wajah baru bagi sistem transportasi kota Jakarta yang lebih cepat, tempat waktu, nyaman dan terjangkau. Sehingga di harapkan banyak warga kota Jakarta yang bergeser penggunaannya dari menggunakan kendaraan pribadi berpindah menggunakan kendaraan umum yang lebih baik ini.
Pengelolaan Transjakarta Untuk Transportasi Terbaik kota Jakarta
Penerapan sistem dengan segala pengelolaannya, Transjakarta di pegang kendali penuh oleh Gubernur DKI Jakarta. Maka dengan memperhatikan secara utuh kebutuhan dan masalah transportasi yang ada di Jakarta. Serta di harapkan bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan dan menjadi perhatian dunia internasional khusunya.
PT. Transportasi Jakarta adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang didirikan pada tanggal 27 Maret 2014. Adapun sekaligus juga di tunjuk untuk mengeporasikan Transjakarta yang awalnya bernama Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta dan Unit Pengelola Transjakarta Busway (UPTB).
Sedangkan Badan Pengelola Transjakarta (BP Transjakarta) dibentuk pada tahun 2003 berdasarkan SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 110/2003 tentang Pembentukan BP Transjakarta.
Peningkatan Mutu Layanan Transjakarta
Demi meningkatkan moda transportasi modern yang sesuai harapan, berbagai pengembangan Transjakarta di lakukan secara bertahap. Sehingga yang mana saat ini Transjakarta telah mengontrak 1.056 bus pada tahun 2016 yang meningkat menjadi lebih dari 1.500 bus pada tahun 2017. Sedangkan pada targetnya memiliki 3.000 lebih bus untuk bisa memenuhi animo dan serta kebutuhan transportasi masyarakat.
Karena penggunaan transportasi ibu kota Jakarta yang begitu padat, maka Transjakarta dirancang dengan sistem BRT yang memiliki jalur terpisah dengan kendaraan lain.
Transjakarta juga mememiliki jalur lintasan yang terpanjang di dunia dengan jarak sejauh 251,2 km pada 13 koridor. Bahkan dengan Transjkarata Anda juga bisa berkeliling mengunjungi banyak tempat wisata yang ada di Jakarta. Karena saat ini Transjakarta memiliki 260 halte / shalter yang keseluruhannya berada pada koridor utama.
Pada awalnya jam operasional Transjakarta dimulai dari pukul 05.00 – 22.00, namun kini bisa Anda rasakan dengan layanan 24 jam untuk seluruh koridor. Bahkan memiliki tambahan khusus untuk melayani beberapa rute tempat event secara fungsional, walaupun dioperasikannya hanya saat terselanggara sebuah acara di lokasi tersebut. Seperti Jakarta Internasional Stadium (JIS) dan PRJ Kemayoran.
Tenaga Kerja
PT. Transportasi Jakarta melibatkan tenaga kerja sebanyak lebih dari 6.000 orang dalam pengoperasiannya. Adapun beberapa kebutuhan sdm tersebut untuk menempatkan posisi mulai dari Pramudi, petugas halte, petugas bus hingga petugas kebersihan.
Bahkan bidang-bidang tersebut terutama pengemudi, PT. Trnasportasi Jakarta juga memberdayakan driver wanita. Maka dengan program tersebut tentu selain meningkatkan kualitas angkutan umum di Jakarta, juga meningkatkan peluang kerja bagi masyarakat secara keseluruhan.
Armada
Dalam peningkatan mutu PT. Transportasi Jakarta begitu konsisten dan serius dalam menjalankan peran yang di emban. Sebab terhitung bulan Juli 2020 Transjakarta telah mengoperasikan total 4.070 unit kendaraan.
Variasi jenis kendaraan terbagi menjadi beberapa type kendaraan yang berfungsi pada masing masing kebutuhannya. Mulai dari jenis bus, tunggal, bus gandeng, bus maxi, bus tingkat, bus sedang dan bus kecil.
Serta beberapa jenis mesin terbaru bus Transjakarta yang awalnya bermesin Disel dengan bahan bakar BBM solar. Maka dengan kemajuan industri transportasi kini beralih penggunaan bahan bakarnya. Mulai dari Gas Alam Terkompresi (BBG) hingga mesin Diesel Listrik yang lebih ramah lingkungan.
Mesin Kendaraan
Standart tinggi digunakan PT. Transportasi Jakarta untuk meningkatkan mutu layanan Transjakarta dengan berbagai produsen otomotif ternama, diantaranya :
Singgle deck
- BYD B12 A/T
- Hino RK8 JSKA-NHU R260
- Mercedes-Benz OH 1526 NG
- Mercedes-Benz OH 1626 NG M/T
- Mercedes-Benz OH 1626 NG A/T
- Mercedes-Benz OH 1626 L A/T
- Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 OM457LA ZF Ecolife
- Mercedes-Benz O 500 U 1726 A/T
- Mitsubishi Colt FE84G
- Scania K320IA CNG Euro VI
- Scania K310IB 6×2
- Scania K250UB (4×20) AT
- Toyota Dyna 110FT
- Volvo B11R 6×2 A/T
- Volvo B11R 6×2 ZF Ecolife
- Zhongtong Bus LCK6180GC Euro 5
Double deck (bus tingkat)
- Bus tingkat MAN R37 karoseri Nusantara Gemilang
- Bus Tingkat Mercedes Benz OC500RF 2542 OM457LA ZF Ecolife karoseri New Armada
- Bus Tingkat Mercedes Benz OC500RF 2542 OM457LA ZF Ecolife karoseri Nusantara Gemilang
- Bus Tingkat Scania K310UB-6X2 karoseri Adi Putro Jetbus 2 DD Open top merah kombinasi
Operator Koridor dan Armada Bus
Pengoperasian Transjakarta di dukung beberapa perusahaan operator pada semua koridor, diantranya :
- PT Transportasi Jakarta
- Mayasari Bakti
- Perum PPD (PPD)
- PT Steady Safe Tbk,
- PT Pahala Kencana Transportation
- PT Bianglala Metropolitan
- Koantas Bima
- PT Bayu Holong Persada
Logo
Lambang biasanya memiliki arti tertentu atau filosofi sebuah profil, maka logo Transjakarta juga menjadi hal yang juga ikut berubah dalam program peningkatan mutu. Maka awalanya Trans Jakarta yang logo “elang bodol” dengan mencengkram salak Condet dan bertuliskan Transjakarta di bawahnya.
Pada tanggal 10 November 2014, Transjakarta meluncurkan logo baru yang di resmikan oleh Plt. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang lebih fresh. Logo baru itu berupa sebuah lingkaran berwarna biru tua dengan dua garis diagonal berwarna putih.
Dengan membawa semangat pembaruan Logo Baru Transjakarta merupakan hasil dari sayembara PT. Transjakarta. Adapun Logo Transjakarta tersebut merupakan karya pemenangnya yaitu Fakhri Azmi seorang Mahasiswa 20 tahun asal Purwokerto.
Halte transit
Terdapat beberapa halte yang bisa melayani lebih dari 1 koridor sebagai fungsi penumpang yang ingin berpindah ke koridor lain tanpa keluar halte. Berikut ini adalah daftar halte transit utama yang beroperasi :
- Harmoni Central Busway
- Kota
- Blok M
- Monumen Nasional
- Bunderan HI
- Tosari
- Gelora Bung Karno
- Bunderan Senayan
- Dukuh Atas 1
- Dukuh Atas 2
- Bendungan Hilir
- Semanggi
- CSW
- Senen
- Senen Sentral
- Cempaka Putih Timur
- Cempaka Mas 2
- Grogol 1
- Grogol 2
- Pramuka BPKP
- Pemuda Pramuka
- Matraman 1
- Mataraman 2
- Kampung Melayu
- Pasar jatinegara
- St. Jatinegara
- Salemba UI
- Budi Utomo
- Gunung Sahari Mangga Dua
- Jatinegara RS Premier
- Kuningan Barat
- Kuningan Timur
- Cawang UKI
- Penjaringan
- Senayan JCC
- S. Parman Podomoro City
- St. Jatinegara
- Flyover Jatinegara
- Pasar Kebayoran Lama
- Velbak
- Tanjung Priok
Tarif
Transjakarta di subsidi oleh Pemprov DKI Jakarta dengan menggunakan dana dari APBD, yaitu dengan skema tarif seperti di bawah ini :
- Pukul 05.00–07.00 Rp 2.000
- Pukul 07.00–23.00 Rp 3.500.
- Pada hari-hari tertentu (misalnya HUT Jakarta 22 Juni, Tahun Baru 1 Januari, dll.) = gratis.
Transjakarta memberlakukan sistem “One Man One Ticket” yaitu dengan skema “tap in – tap out”. Yaitu penumpang harus tap in di pintu masuk dan pemotongan tarif pada saat tap out saat keluar stasiun. Pengguna Transjakarta bisa berpindah tujuan selama tidak keluar stasiun dan untuk berlanjut ke koridor lain.
Sedangkan sistem pembayarannya menggunakan kartu elektronik (e-ticket) yang bisa di isi ulang pada loket halte atau mesin atm
uang elektronik penyedia kartu prabayar tersebut.
Daftar kartu uang elektronik pembayaran dari pihak ketiga yang bisa digunakan diantaranya :
- JakCard dari Bank DKI
- Jak Lingko dari Bank DKI, Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri
- BRIZZI (Bank BRI)
- TapCash (Bank BNI)
- E-Money (Bank Mandiri)
- Flazz (Bank BCA)
- Dompet elektronik (QR code) LinkAja, AstraPay, Vello, E-wallet via aplikasi Tijeku dan Jaklingko
Koridor Utama Trans Jakarta
Transjakarta merupakan primadona transportasi umum ibu kota yang juga menjangkau dari ujung hingga pusat perkantoran Jakarta. Angka penggunanya hingga tembus 800.000 orang setiap hari yang kebanyakan penumpangnya adalah para pekerja kantoran.
Dengan pengoperasiannya yang dibuat sangat memudahkan dan bus yang banyak, maka tak heran jika Transjakarta menjadi andalan perubahan sistem transportasi yang terbaik saat ini.
Hanya dengan satu tarif penumpang bisa pindah koridor pada halte transit yang ada untuk berpindah tujuan adalah salah satu kelebihan Transjakarta. Selain itu dengan tarif Transjakarta hanya Rp 3.500 per orang per sekali tap tak heran jika di rasa sangat membantu masyarakat.
Rute 13 Koridor Transjakarta itu sendiri seperti tabel di bawah ini
Koridor | Rute | Tanggal peresmian |
---|---|---|
1 | Halte Blok M – Halte Stasiun Kota | 15 januari 2004 |
2 | Pulogadung – Harmoni | 15 Januari 2006 |
3 | Kalideres – Pasar Baru | 15 Januari 2006 |
4 | Pulogadung – Dukuh Atas 2 | 27 Januari 2007 |
5 | Term. Kampung Melayu – Ancol | 27 Januari 2007 |
6 | Halte Ragunan – Dukuh Atas 2 | 27 Januari 2007 |
7 | Term. Kampung Rambutan – Term. Kampung Melayu | 21 Februari 2009 |
8 | Term. Lebak Bulus – Harmoni | 21 Februari 2009 |
9 | Term. Pinang Ranti – Halte Pluit | 31 Desember 2010 |
10 | Halte PGC 2 – Term. Tanjung Priok | 31 Desember 2010 |
11 | Term. Kampung Melayu – Term. Pulogebang | 28 Desember 2011 |
12 | Halte Pluit – Tanjung Priok | 14 Februari 2013 |
13 | CBD Ciledug – Tendean | 16 Agustus 2017 |
Layanan Lain Transjakarta
Dalam merealisasikan pelayanan yang lebih baik dan konsisten dengan tujuan, Transjakarta selalu mengembangkan program-program. Sehingga mampu memberikan kenyamanan untuk setiap penggunanya.
Selain keberadaan Koridor utama, Transjakarta juga terintegritas dengan beberapa armada pendukung Layanan Pengumpan yang bisa di manfaatkan oleh setiap masyarakat. Diantaranya :
Rute Lintas Koridor dan Rute Ekspres
Skema rute lintas koridor dan rute ekspres ini sebenarnya di buat dalam kondisi tertentu dan bersifat situasional. Karena kondisi macet
dan kepadatan kendaraan yang tinggi, maka PT. Transjakarta memodifikasi rute. Terutama pada saat masa proyek insfrasrturktur terjadi. Sehingga memudahkan penumpang menghindari transit selama perjalanan, yang mana pengaktifanya yaitu pada jam-jam sibuk.
Adapun 2 layanan tersebut yaitu memodifikasi layanan lintas dengan melewati koridor lain yang masih steril untuk menghindari kemacetan pada proyek infrastruktur. Sedangkan lintas ekspres akan melintasi jalur tol untuk menghindari area proyek infrastruktur.
Skema modifikasi tersebut dibuat untuk menghindari point area kepadatan lalulintas yang terjadi. Sedangkan biasanya di aktifkan pada
waktu-waktu tertentu. Seperti hanya hari kerja, jam kerja, pada saat terselanggara event PRJ serta pada saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas oleh pihak berwenang.
Fungsi rute lintas koridor dan rute ekspres pada beberapa koridor utama bertujuan untuk memudahkan pengguna. Terutama guna menghindari transit selama perjalanan dan mengurangi kepadatan pada jam sibuk.
Angkutan Malam Hari (Amari) dan Angkutan Dini Hari (Andini)
Untuk Anda yang mempunyai aktifitas malam atau pulang malam saat kerja, kini Transjakarta akan menambah layanan regulernya. Maka demi memenuhi layanan tersebut, penambahan jam operasional Transjakarta malam hari mulai 22.00 – 05.00.
Sehingga layanan Transjakarta tersebut menjadi 24 jam dan berlaku untuk ke 13 koridor yang ada. Jadi armadanya tetap dengan kendaraan yang sama, tapi mengatur shift kerja untuk driver dan sdm lainnya.
Pengumpan Perbatasan
Untuk daerah penyangga Jakarta, sementara Transjakarta melayani area Bekasi, Depok, Tangerang dan Tangerang selatan dengan layanan Pengumpan Perbatasan. Namun untuk Bogor, Transjakarta saat ini masih dalam tahap perencanaan terkait subsidi biaya anggaran yang masih diperhitungkan.
Maka dengan rute tersebut tentu bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang berada dari daerah penyangga yang bekerja di Jakarta. Rute Bus Pengumpan Perbatasan Transjakarta terbut diantranya :
- Depok : Terminal Depok – BNN
- Bekasi : Sumarecon Bekasi – Pancoran Tugu.
- Tangerang : Poris Plawad – Bunderan Senayan
- Tangerang Selatan : Ciputat – Bunderan HI dan BSD City – Slipi
Bus Royaltrans
PT Transportasi Jakarta megoperasikan program berbeda dari penerapan Transjakarta Reguler yang ada, yaitu Bus Royaltrans. Kendaraan ini memberikan tarif premium dari Transjakarta sebesar Rp 20.000.
Royaltrans berhenti di luar halte BRT tapi berhenti di setiap haltebus yang bertuliskan “Bus Stop” untuk arah Jakarta. Tapi untuk arah
sebaliknya tidak berhenti menaikan penumpang di di halte alias langsung menuju tujuan.
Bus Royaltrans beroperasi pada hari kerja antara pukul 05.00 – 09.00 dan soere hari 16.00 – 20.00. Sedangkan untuk rutenya melayani
BSD – Fatmawati, Bintaro – Fatmawati, Cinere – Bunderan Senayan, Cinere – Kuningan, Cibubur – Kuningan, Cibubur – Blok M
Pengumpan Dalam Kota
Selain bus pengumpan perbatasan, Transjakarta juga menyediakan bus dalam kota sebagai pengumpan dengan jenis kendaraan bus sedang. Maka Anda bisa memilih bis ini untuk rute tertentu yang tidak berhenti di koridor dan halte BRT.
Sedangkan bus pengumpan dalam kota ini yang mana dulu umumnya dilalui kendaraan umum rute kopaja dan metromini. Tapi sebagian kini beralih program dan perubahan rute dengan peremajaan armada menggunakan metrotrans dan minitrans.
Beberapa program rute dilakukan seara bertahap oleh PT. Transportasi Jakarta, sehingga ada beberapa rute modifikasi yang banyak dilakukan kedepannya. Salah satunya yaitu seperti koridor 7D yang dapat mengakses penumpang yang ingin menuju tempat rekreasi Taman Mini Indonesia Indah.
Rute tersebut bisa dirasakan mulai tanggal 1 april 2022 dengan jam operasional pukul 05.00 – 10.00 dan 15.00 – 21.30 setiap harinya. Juga mungkin kedepannya ada beberapa lagi sistem modifikasi lain yang akan di operasionalkan
Pengumpan JI Expo
Setiap ada even di JI EXPO yang berada di Kemayoran, Transjakarta juga hadir untuk memenuhi sarana transportasi tersebut. Adapun
salah satu even tahunan yaitu ulang tahun Jakarta pada acara PRJ Kemayoran dan beberapa even lain.
Sedangkan untuk rute yang di operasionalkan adalah :
- Monas JI Expo Kemayoran (PP)
- PGC 1 – JIExpo Kemayoran (PP)
- Kampung Melayu – JIExpo Kemayoran (PP)
- Pulogadung 1 – JIExpo Kemayoran (PP)
Pengumpan Jakarta International Stadium
Selain JI Expo, Transjakarta juga menghadirkan bus khusus rute Jakarta Internasional Stadium (JIS) setiap hari. Namun tidak melalui jalur BRT dengan jam Operasional pukul 05.00 – 22.00. Adapun untuk rutenya :
- JIS–LRT Pegangsaan Dua
- JIS–Senen
- JIS–Harmoni
Pengumpan Stasiun KAI Commuter
Kereta KAI Commuter adalah sana transportasi umum yang juga banyak di gunakan oleh masyarakat yang bekerja di Jakarta. Jadi Transjakarta juga hadir sebagai kendaraan penyambung dari stasiun kereta menuju stasiun BRT TransJakarta.
Maka kini bagi penumpang dengan jalur commuter Line Jabodetebek setalah tiba di stasiun tujuan, maka bisa menyambung dengan Transjakarta ke tempat tujuan lain. Seperti dari Stasiun Tebet, Stasiun Palmerah, Stasiun, Manggarai, dan Stasiun Tanah Abang, Stasiun Bekasi.
Pengumpan Kawasan Integrasi Dukuh Atas
Kawasan startegis yang tidak di lalui jalur BRT seperti Dukuh Atas, kini Transjakarta menerapkan rute yang terintegitas. Jadi penumpang bisa melanjutkan ke koridor yang ada dan Anda bisa juga menyambung menuju Airport yang menggunakan kereta bandara Soekarno Hatta melalui stasiun Sudirman.
Layanan Transjakarta Dukuh Atas melayani empat rute yakni Dukuh Atas – Sam Ratulangi, Dukuh Atas-Tanah Abang, Dukuh Atas-Kuningan dan Dukuh Atas-Kota. Tapi semua itu beroperasional setelah waktu hari bebas kendaraan (Car Free Day), yaitu mulai pukul 11.00 – 22.00
Pengumpan Stasiun MRT Jakarta
Transjakarta juga menyedikan jalur yang terintegritas untuk moda MRT yang berada sekitaran wilayah Blok M Jakarta Selatan. Adapun jalurnya meliputi Blok M – Pakubuwono, Blok M – Kramat Pela, Blok M -Wijaya, Blok A – Radio Dalam, Blok A – Antasari dan South Quarter – South Quarter.
Pengumpan Rumah Susun
Rusunawa termasuk bagian dari program pemerintah DKI, sebab itu Transjakarta juga beroperasional angkutan gratis sebagai bus pengumpan. Sedangkan tarifnya adalah gratis, tapi khusus pemegang KTP DKI. Jika tidak, dikenakan tarif Rp 3.500
Layanan Bus Gratis
Transjakarta memiliki program layanan bertarif gratis lainnya yaitu khusus untuk pengendara yang terkena peraturan pelarangan untuk sepeda motor di Jalan MH. Thamrin Jakarta Pusat. Tapi bus ini melewati jalur biasa alias tidak pada koridor utama sepanjang jalan Bundaran Senayan – Harmoni pp.
Pengumpan menuju tempat ibadah khusus pada hari raya
Kegiatan ibadah khusunya pada acara Natal serta tahun baru, Tansjakarta melayani rute bagi masyarakat yang merayakan secara gratis. Adapun untuk jam operasionalnya pada pukul 16:00 – 24:00 WIB untuk 24 Desember 2022, pukul 06:00 – 12:00 untuk 25 Desember 2022, dan 16:00 – 24:00 untuk 31 Desember 2022.
Rutenya sebagai berikut :
- Monas – Gereja Katedral Jakarta
- Monas – GPIB Immanuel
- Tosari – GKI Menteng – Gereja St. Ignatius Loyola – GPIB Paulus
- Grogol – GKPI Satria
Mikrotrans Jak Lingko
Miktotrans adalah angkutan pengumpan yang menggunakan kendaraan kecil, kalau masa sebelum program Transjakarta angkutan ini bernama Metromini. Sedangkan untuk menaiki kendaraan ini penumpang menggunakan uang elektronik dari Jak Lingko yang sebelumnya merupakan program dari Ok Trip.
Rute Mikrotrans Jak Lingko seperti dibawah ini :
No Rute | Rute | Operator |
---|---|---|
JAK 1 | Terminal Tanjung Priok – Kebon Bawang (Yos Sudarso & Swamsebada Timur V) | Mikrolet |
JAK 2 | Terminal Kampung Melayu – Duren Sawit (Laut Arafuru & Laut Banda) | Mikrolet |
JAK 3 | Terminal Lebak Bulus – Pangkalan Jati Baru (Haji Terin & Andara) | sebagian KWK sebagian Mikrolet |
JAK 4 | Terminal Grogol – Angke (Pangeran Tubagus Angke dan Prof. Dr. Latumenten) | KWK |
JAK 5 | Semper Barat (Tugu Raya & Kramat Jaya) – Rorotan (Sungai Kendal & Inpeksi Kanal Timur) | KWK |
JAK 6 | Terminal Kampung Rambutan – Pasar Pondok Gede | KWK |
JAK 7 | Stasiun Tanah Abang – Terminal Grogol | Mikrolet |
JAK 8 | ITC Roxy Mas – Pasar Bendungan Hilir (via K.H. Mas Mansyur) | Mikrolet |
JAK 9 | ITC Roxy Mas – Karet Tengsin (K.H. Mas Mansyur & Karet Pasar Baru Timur V) | Mikrolet |
JAK 10 | Stasiun Tanah Abang – Stasiun Jakarta Kota (via Pecenongan Raya) | Mikrolet |
JAK 10 A | Stasiun Gondangdia – Stasiun Cikini (via Salemba Raya – Kebon Sirih) | Mikrolet |
JAK 10 B | Stasiun Gondangdia-Stasiun Cikini (via Kramat Raya – Medan Merdeka Selatan/Timur) | Mikrolet |
JAK 11 | Stasiun Tanah Abang – Stasiun Kebayoran (via Permata Hijau) | Mikrolet |
JAK 12 | Stasiun Tanah Abang – Stasiun Kebayoran (via Pos Pengumben) | Mikrolet |
JAK 13 | Stasiun Tanah Abang – Stasiun Jakarta Kota (via K.H. Moh. Mansyur) | Mikrolet |
JAK 14 | Stasiun Tanah Abang – Pasar Lokbin Meruya Ilir | Mikrolet |
JAK 15 | Terminal Tanjung Priok – Segaramakmur, Bekasi (Marunda Makmur & Raya Dermaga) | KWK |
JAK 16 | Pusat Grosir Cililitan – Condet (Munggang Raya & Condet Raya) | KWK |
JAK 17 | Terminal Pulo Gadung – Terminal Pasar Senen (via Cempaka Putih) | Mikrolet |
JAK 18 | Stasiun Duren Kalibata – Guntur (Kuningan Madya & Kawi Raya) | Mikrolet |
JAK 19 | Terminal Pinang Ranti – Setu (Mabes Hankam Raya & Bambu Apus Raya) | KWK |
JAK 20 | Monumen Pancasila Sakti – Cawang UKI | Trans Halim |
JAK 21 | Hallim Perdana Kusuma (Dwikora) – Pusat Grosir Cililitan | Trans Halim |
JAK 22 | Halim Perdana Kusuma (Dwikora) – Penas Kalimalang (Cawang Sutoyo) | Trans Halim |
JAK 23 | Terminal Pasar Senen – Pisangan Baru | Mikrolet |
JAK 24 | Terminal Pulo Gadung – Terminal Pasar Senen (via Kelapa Gading) | Mikrolet |
JAK 25 | Kalisari (Pusat Inspektorat LAPAN) – Pasar Rebo (Raya Bogor & T.B. Simatupang) | KWK |
JAK 26 | Duren Sawit (Laut Arafuru & Teluk Mandar) – Terminal Rawamangun | KWK |
JAK 27 | Rorotan (Inspeksi Banjir Kanal Timur & Sungai Kendal) – Terminal Pulo Gebang | KWK |
JAK 28 | Taman Rekreasi Wiladatika – Pasar Rebo (Raya Bogor & T.B. Simatupang) | KWK |
JAK 29 | Terminal Tanjung Priok – Rusun Sukapura | KWK |
JAK 30 | Terminal Grogol – Meruya Selatan (H. Sa’aba & Perumahan Komplek Walikota Jakarta Barat) | KWK |
JAK 31 | Pangkalan Jati Baru (Haji Terin & Andara) – Terminal Blok M | KWK |
JAK 32 | Petukangan Utara (Jalan Perintis & Masjid Nurul Falah) – Terminal Lebak Bulus | KWK |
JAK 33 | Terminal Pulo Gadung – Stasiun Jakarta Kota | Mikrolet |
JAK 34 | Terminal Rawamangun – Terminal Klender | KWK |
JAK 35 | Terminal Rawamangun – Cipinang Melayu (Pahlawan Revolusi & Pangkalan Jati) | KWK |
JAK 36 | Pusat Grosir Cililitan – Cilangkap (Cilangkap Baru & Swadaya) | KWK |
JAK 37 | Pusat Grosir Cililitan – Condet (Kayu Manis & Jembatan III) | KWK |
JAK 38 | Terminal Kampung Rambutan – Cibubur (H. Ali Solihin & Belakang Dukuh) | KWK |
JAK 39 | Duren Sawit (Jalan Lingkar Luar & Serdang) – Pondok Kelapa (Jalan Kalimalang & H. Naman) | KWK |
JAK 40 | Terminal Pulo Gebang – Pejuang, Bekasi (Taman Lotus Utama & Kaliabang Tengah) | KWK |
JAK 41 | Terminal Kampung Melayu – Terminal Pulo Gadung | Mikrolet |
JAK 42 | Terminal Kampung Melayu – Taman Pemakaman Umum Pondok Kelapa | Mikrolet |
JAK 43 | Pusat Grosir Cililitan – Bidara Cina (Bukit Duri Utara & Jatinegara Barat) | Mikrolet |
JAK 44 | Pangkalan Jati Baru (Haji Terin & Andara) – Stasiun Universitas Pancasila | KWK |
JAK 45 | Terminal Lebak Bulus – Kebun Binatang Ragunan | KWK |
JAK 46 | Terminal Pasar Minggu – Ciganjur (Jalan Moh. Kahfi II & Moh. Kahfi I) (via Jalan Kebagusan Raya) | Mikrolet |
JAK 47 | Terminal Pasar Minggu – Ciganjur (Jalan Moh. Kahfi II & Moh. Kahfi I) (via Jalan Cilandak KKO, Warung Buncit) | Mikrolet |
JAK 48 A | Stasiun Tebet – Rusun Karet Tengsin | Mikrolet |
JAK 49 | Terminal Lebak Bulus – Cipulir (Ciledug Raya & Panjang Cidodol) | KWK |
JAK 50 | Terminal Kalideres – Mal Puri Indah | KWK |
JAK 51 | Stasiun Taman Kota – Petukangan Selatan (Ciledug Raya & Adam Malik) | KWK |
JAK 52 | Terminal Kalideres – Terminal Muara Angke | KWK |
JAK 53 | Terminal Grogol – Hutan Kota Srengseng (via Letjen S. Parman–Meruya Ilir) | Mikrolet |
JAK 54 | Terminal Grogol – Pasar Bendungan Hilir | Mikrolet |
JAK 56 | Terminal Grogol – Hutan Kota Srengseng (via Daan Mogot – Tanjung Duren Raya) | Mikrolet |
JAK 58 | Pasar Koja Baru – Rorotan (Komplek SLTP 200 & Rorotan I) | KWK |
JAK 59 | Terminal Rawamangun – Kelapa Gading Barat (Gading Sengon & Sengon) | KWK |
JAK 60 | Rusun Kemayoran – Stasiun LRT Pegangsaan Dua | KWK |
JAK 61 | Terminal Pulo Gadung – ITC Cempaka Mas | Mikrolet |
JAK 64 | Lenteng Agung (Lenteng Agung Raya & Moh. Kahfi II) – Cipedak (Aselih & H. Raidih) | KWK |
JAK 71 | Terminal Kampung Rambutan – Terminal Pinang Ranti | KWK |
JAK 72 | Terminal Kampung Rambutan – Ciracas (H. Baping & Pule) | KWK |
JAK 73 | Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur – Pasar Rebo (Raya Bogor & T.B. Simatupang) | KWK |
JAK 74 | Terminal Rawamangun – Pondok Bambu (Cipinang Muara I & Gotong Royong) | KWK |
JAK 75 | Taman RPTRA Kampung Pulo Asri – Bandara Halim Perdanakusuma | Trans Halim |
JAK 77 | Terminal Tanjung Priok – Sunter Agung (Danau Sunter Barat & Taman BMW) | Mikrolet |
JAK 80 | Terminal Intermoda Rawa Buaya – Benda, Tangerang (Rawa Kompeni & Raya Perancis) | KWK |
JAK 84 | Terminal Kampung Melayu – Jatibening, Bekasi (Apartemen Gateway Park) | Mikrolet |
JAK 85 | Cipinang Indah Mall – Pasar Bintara, Bekasi | Mikrolet |
JAK 86 | Terminal Rawamangun – Stasiun Manggarai | Mikrolet |
JAK 88 | Terminal Tanjung Priok – Ancol (Ancol Barat VIII dan Ancol Barat IX) | Mikrolet |
JAK 99 | Terminal Pulo Gadung – Lampiri | KWK |
JAK 106 | Terminal Klender – Terminal Kampung Melayu | Mikrolet |
JAK 110 | Terminal Tanah Merdeka – Terminal Pulogebang | KWK |
JAK 112 | Terminal Pulo Gadung – Pegangsaan Dua (Boulevard Kelapa Gading & Tanah Merah) | KWK |
JAK 115 | Terminal Tanjung Priok – Pegangsaan Dua | KWK |
JAK 117 | Terminal Tanjung Priok – Cilincing (Cilincing Baru dan Kalibaru Barat IV) | KWK |
Bus wisata
Anda ingin berkeliling Jakarta City Tour dengan bus yang OK ? Tenang saja Transjakarta mengoperasikan total 26 bus tingkat untuk melayani bus wisata. Program ini sangat cocok untuk alternatife yang biasanya Anda menggunakan bus pariwisata. Tapi bus khusus wisata ini hanya beroperasi dari pagi pukul 10.00 – 19.00 malam.
Rutenya sebagai berikut :
Jurusan | Waktu Operasional | Rute |
---|---|---|
Sejarah Jakarta (History of Jakarta) | 10.00-18.00 (Senin-Sabtu) | Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Majapahit – Jl. Gajah Mada – Jl. Kali Besar Barat – Jl. Kunir – Jl. Lada – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Veteran – Jl. Veteran III – Jl. Medan Merdeka Utara |
Jakarta Baru (New Jakarta) | 12.00-19.00 (Minggu) | Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin – Jl. Medan Merdeka Barat – Jl Ir. H. Juanda – Jalan Pos – Jl. Gedung Kesenian – Jl. Lapangan Banteng Utara – Jl. Katedral – Jl. Veteran (istana negara)- Jl. Veteran III – Jl. Medan Merdeka Utara |
Kesenian & Kuliner (Arts & Culinary) | 10.00-18.00 (Sabtu) | Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin – Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Majapahit – Jl. Gajah Mada – Jl. Kali Besar Barat – Jl. Kunir – Jalan Lada – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Veteran – Jl. Veteran III – Jl Medan Merdeka Utara |
Pencakar Langit Jakarta (Jakarta Skyscrapers) | 06.00-17.00 (Senin-Jumat) 10.00-17.00 (Sabtu) 12.00-19.00 (Minggu) | Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Pintu Gelora V – Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Veteran – Jl. Veteran III – Jl. Medan Merdeka Utara |
Ruang Terbuka Jakarta (Jakarta Open Spaces) | 11.00-18.00 (Senin-Sabtu) 12.00-19.00 (Minggu) | Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Jend. Gatot Subroto – Tol Lingkar Dalam – Jl. Pangeran Tubagus Angke |
Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage) | 10.00-18.00 (Sabtu) 12.00-19.00 (Minggu) | Jl. Veteran – Jl. Veteran III – Jl. Medan Merdeka Utara – Jl. Medan Merdeka Barat -Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Jend. Gatot Subroto – Tol Lingkar Dalam – Jl. Yos Sudarso – Jl. Pelabuhan Raya – Jl. Majapahit |
Belanja Jakarta (Jakarta Shopping) | 10.00-22.00 (Sabtu) 12.00-19.00 (Minggu) | Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Jend. Gatot Subroto – Jl. Gerbang Pemuda – Jl. Asia Afrika – Jl. Pintu Satu Senayan |
Nah untuk Anda yang sedang membutuhkan informasi Transjakarta, semoga bisa sedikit membantu ya. Lalu jika ingin mencari informasi lebih lanjut bisa menghubungi cal center di 1500-102 pada hotline service.
Semoga bisa di jadikan sedikit referensi yang bermanfaat dari kami baik kamu yang mempunyai kebutuhan transportasi umum, atau ingin berkeliling kota Jakarta.
Share this article
Written by : Nurul winholiday
Hi, Winholiday adalah jasa penyedia layanan sewa bus pariwisata, sewa mobil elf dan sewa hiace commuter. Kami memberikan kemudahan untuk anda yang ingin merencanakan kegiatan wisata dengan media transportasi tersebut. tidak hanya itu kami juga menyediakan paket tour wisata dengan harga yang kompetitif hingga termurah. Team marketing kami berada di setiap kota di seluruh pulau jawa lampung dan bali.