bus transjakarta

Informasi Bus Transjakarta

Siapa yang tak kenal Transjakarta ? sebuah sistem angkutan umum yang di gadangkan menjadi fasilitas transportasi modern di Jakarta. Sebab dengan sistem transit cepat dan kendaraan ramah lingkungan, diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup warga serta kualitas udara Jakarta.

Transjakarta di resmikan pada tanggal 15 januari 2004 oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Sutiyoso. Namun proyek pembangunan Transjakarta dengan konsep Bus Rapid Transirt (BRT) ini sudah di munculkan sekitar tahun 2001.

Transjakarta sendiri menggunakan sistem desain transportasi dari sebuah kota di Bogota, Kolombia yang bernama TansMilenio.

Pada peresmian tersebut sekaligus juga sebagai pembuka proyek pertama dalam pengoperasiannya. Yaitu koridor 1 dengan rute Blok M – Kota yang saat itu lebih terkenal dengan penyebutan “Busway”.

Semenjak saat itu kehadiran Tansjakarta menciptakan wajah baru bagi sistem transportasi kota Jakarta yang lebih cepat, tempat waktu, nyaman dan terjangkau. Sehingga di harapkan banyak warga kota Jakarta yang bergeser penggunaannya dari menggunakan kendaraan pribadi berpindah menggunakan kendaraan umum yang lebih baik ini.

Pengelolaan Transjakarta Untuk Transportasi Terbaik kota Jakarta

Penerapan sistem dengan segala pengelolaannya, Transjakarta di pegang kendali penuh oleh Gubernur DKI Jakarta. Maka dengan memperhatikan secara utuh kebutuhan dan masalah transportasi yang ada di Jakarta. Serta di harapkan bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan dan menjadi perhatian dunia internasional khusunya.

PT. Transportasi Jakarta adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang didirikan pada tanggal 27 Maret 2014. Adapun sekaligus juga di tunjuk untuk mengeporasikan Transjakarta yang awalnya bernama Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta dan Unit Pengelola Transjakarta Busway (UPTB).

Sedangkan Badan Pengelola Transjakarta (BP Transjakarta) dibentuk pada tahun 2003 berdasarkan SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 110/2003 tentang Pembentukan BP Transjakarta.

Peningkatan Mutu Layanan Transjakarta

Demi meningkatkan moda transportasi modern yang sesuai harapan, berbagai pengembangan Transjakarta di lakukan secara bertahap. Sehingga yang mana saat ini Transjakarta telah mengontrak 1.056 bus pada tahun 2016 yang meningkat menjadi lebih dari 1.500 bus pada tahun 2017. Sedangkan pada targetnya memiliki 3.000 lebih bus untuk bisa memenuhi animo dan serta kebutuhan transportasi masyarakat.

Karena penggunaan transportasi ibu kota Jakarta yang begitu padat, maka Transjakarta dirancang dengan sistem BRT yang memiliki jalur terpisah dengan kendaraan lain.

Transjakarta juga mememiliki jalur lintasan yang terpanjang di dunia dengan jarak sejauh 251,2 km pada 13 koridor. Bahkan dengan Transjkarata Anda juga bisa berkeliling mengunjungi banyak tempat wisata yang ada di Jakarta. Karena saat ini Transjakarta memiliki 260 halte / shalter yang keseluruhannya berada pada koridor utama.

Pada awalnya jam operasional Transjakarta dimulai dari pukul 05.00 – 22.00, namun kini bisa Anda rasakan dengan layanan 24 jam untuk seluruh koridor. Bahkan memiliki tambahan khusus untuk melayani beberapa rute tempat event secara fungsional, walaupun dioperasikannya hanya saat terselanggara sebuah acara di lokasi tersebut. Seperti Jakarta Internasional Stadium (JIS) dan PRJ Kemayoran.

Tenaga Kerja

PT. Transportasi Jakarta melibatkan tenaga kerja sebanyak lebih dari 6.000 orang dalam pengoperasiannya. Adapun beberapa kebutuhan sdm tersebut untuk menempatkan posisi mulai dari Pramudi, petugas halte, petugas bus hingga petugas kebersihan.

Bahkan bidang-bidang tersebut terutama pengemudi, PT. Trnasportasi Jakarta juga memberdayakan driver wanita. Maka dengan program tersebut tentu selain meningkatkan kualitas angkutan umum di Jakarta, juga meningkatkan peluang kerja bagi masyarakat secara keseluruhan.

Armada

Dalam peningkatan mutu PT. Transportasi Jakarta begitu konsisten dan serius dalam menjalankan peran yang di emban. Sebab terhitung bulan Juli 2020 Transjakarta telah mengoperasikan total 4.070 unit kendaraan.

Variasi jenis kendaraan terbagi menjadi beberapa type kendaraan yang berfungsi pada masing masing kebutuhannya. Mulai dari jenis bus, tunggal, bus gandeng, bus maxi, bus tingkat, bus sedang dan bus kecil.

Serta beberapa jenis mesin terbaru bus Transjakarta yang awalnya bermesin Disel dengan bahan bakar BBM solar. Maka dengan kemajuan industri transportasi kini beralih penggunaan bahan bakarnya. Mulai dari Gas Alam Terkompresi (BBG) hingga mesin Diesel Listrik yang lebih ramah lingkungan.

Mesin Kendaraan

Standart tinggi digunakan PT. Transportasi Jakarta untuk meningkatkan mutu layanan Transjakarta dengan berbagai produsen otomotif ternama, diantaranya :

Singgle deck

  • BYD B12 A/T
  • Hino RK8 JSKA-NHU R260
  • Mercedes-Benz OH 1526 NG
  • Mercedes-Benz OH 1626 NG M/T
  • Mercedes-Benz OH 1626 NG A/T
  • Mercedes-Benz OH 1626 L A/T
  • Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 OM457LA ZF Ecolife
  • Mercedes-Benz O 500 U 1726 A/T
  • Mitsubishi Colt FE84G
  • Scania K320IA CNG Euro VI
  • Scania K310IB 6×2
  • Scania K250UB (4×20) AT
  • Toyota Dyna 110FT
  • Volvo B11R 6×2 A/T
  • Volvo B11R 6×2 ZF Ecolife
  • Zhongtong Bus LCK6180GC Euro 5

Double deck (bus tingkat)

  • Bus tingkat MAN R37 karoseri Nusantara Gemilang
  • Bus Tingkat Mercedes Benz OC500RF 2542 OM457LA ZF Ecolife karoseri New Armada
  • Bus Tingkat Mercedes Benz OC500RF 2542 OM457LA ZF Ecolife karoseri Nusantara Gemilang
  • Bus Tingkat Scania K310UB-6X2 karoseri Adi Putro Jetbus 2 DD Open top merah kombinasi

Operator Koridor dan Armada Bus

Pengoperasian Transjakarta di dukung beberapa perusahaan operator pada semua koridor, diantranya :

  1. PT Transportasi Jakarta
  2. Mayasari Bakti
  3. Perum PPD (PPD)
  4. PT Steady Safe Tbk,
  5. PT Pahala Kencana Transportation
  6. PT Bianglala Metropolitan
  7. Koantas Bima
  8. PT Bayu Holong Persada

Logo

Lambang biasanya memiliki arti tertentu atau filosofi sebuah profil, maka logo Transjakarta juga menjadi hal yang juga ikut berubah dalam program peningkatan mutu. Maka awalanya Trans Jakarta yang logo “elang bodol” dengan mencengkram salak Condet dan bertuliskan Transjakarta di bawahnya.

Pada tanggal 10 November 2014, Transjakarta meluncurkan logo baru yang di resmikan oleh Plt. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang lebih fresh. Logo baru itu berupa sebuah lingkaran berwarna biru tua dengan dua garis diagonal berwarna putih.

Dengan membawa semangat pembaruan Logo Baru Transjakarta merupakan hasil dari sayembara PT. Transjakarta. Adapun Logo Transjakarta tersebut merupakan karya pemenangnya yaitu Fakhri Azmi seorang Mahasiswa 20 tahun asal Purwokerto.

Halte transit

Terdapat beberapa halte yang bisa melayani lebih dari 1 koridor sebagai fungsi penumpang yang ingin berpindah ke koridor lain tanpa keluar halte. Berikut ini adalah daftar halte transit utama yang beroperasi :

  1. Harmoni Central Busway
  2. Kota
  3. Blok M
  4. Monumen Nasional
  5. Bunderan HI
  6. Tosari
  7. Gelora Bung Karno
  8. Bunderan Senayan
  9. Dukuh Atas 1
  10. Dukuh Atas 2
  11. Bendungan Hilir
  12. Semanggi
  13. CSW
  14. Senen
  15. Senen Sentral
  16. Cempaka Putih Timur
  17. Cempaka Mas 2
  18. Grogol 1
  19. Grogol 2
  20. Pramuka BPKP
  21. Pemuda Pramuka
  22. Matraman 1
  23. Mataraman 2
  24. Kampung Melayu
  25. Pasar jatinegara
  26. St. Jatinegara
  27. Salemba UI
  28. Budi Utomo
  29. Gunung Sahari Mangga Dua
  30. Jatinegara RS Premier
  31. Kuningan Barat
  32. Kuningan Timur
  33. Cawang UKI
  34. Penjaringan
  35. Senayan JCC
  36. S. Parman Podomoro City
  37. St. Jatinegara
  38. Flyover Jatinegara
  39. Pasar Kebayoran Lama
  40. Velbak
  41. Tanjung Priok

Tarif

Transjakarta di subsidi oleh Pemprov DKI Jakarta dengan menggunakan dana dari APBD, yaitu dengan skema tarif seperti di bawah ini :

  • Pukul 05.00–07.00 Rp 2.000
  • Pukul 07.00–23.00 Rp 3.500.
  • Pada hari-hari tertentu (misalnya HUT Jakarta 22 Juni, Tahun Baru 1 Januari, dll.) = gratis.

Transjakarta memberlakukan sistem “One Man One Ticket” yaitu dengan skema “tap in – tap out”. Yaitu penumpang harus tap in di pintu masuk dan pemotongan tarif pada saat tap out saat keluar stasiun. Pengguna Transjakarta bisa berpindah tujuan selama tidak keluar stasiun dan untuk berlanjut ke koridor lain.

Sedangkan sistem pembayarannya menggunakan kartu elektronik (e-ticket) yang bisa di isi ulang pada loket halte atau mesin atm
uang elektronik penyedia kartu prabayar tersebut.

Daftar kartu uang elektronik pembayaran dari pihak ketiga yang bisa digunakan diantaranya :

  1. JakCard dari Bank DKI
  2. Jak Lingko dari Bank DKI, Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri
  3. BRIZZI (Bank BRI)
  4. TapCash (Bank BNI)
  5. E-Money (Bank Mandiri)
  6. Flazz (Bank BCA)
  7. Dompet elektronik (QR code) LinkAja, AstraPay, Vello, E-wallet via aplikasi Tijeku dan Jaklingko

Koridor Utama Trans Jakarta

Transjakarta merupakan primadona transportasi umum ibu kota yang juga menjangkau dari ujung hingga pusat perkantoran Jakarta. Angka penggunanya hingga tembus 800.000 orang setiap hari yang kebanyakan penumpangnya adalah para pekerja kantoran.

Dengan pengoperasiannya yang dibuat sangat memudahkan dan bus yang banyak, maka tak heran jika Transjakarta menjadi andalan perubahan sistem transportasi yang terbaik saat ini.

Hanya dengan satu tarif penumpang bisa pindah koridor pada halte transit yang ada untuk berpindah tujuan adalah salah satu kelebihan Transjakarta. Selain itu dengan tarif Transjakarta hanya Rp 3.500 per orang per sekali tap tak heran jika di rasa sangat membantu masyarakat.

Rute 13 Koridor Transjakarta itu sendiri seperti tabel di bawah ini

KoridorRuteTanggal peresmian
1Halte Blok M – Halte Stasiun Kota15 januari 2004
2Pulogadung – Harmoni15 Januari 2006
3Kalideres – Pasar Baru15 Januari 2006
4Pulogadung – Dukuh Atas 227 Januari 2007
5Term. Kampung Melayu – Ancol27 Januari 2007
6Halte Ragunan – Dukuh Atas 227 Januari 2007
7Term. Kampung Rambutan – Term. Kampung Melayu21 Februari 2009
8Term. Lebak Bulus – Harmoni21 Februari 2009
9Term. Pinang Ranti – Halte Pluit31 Desember 2010
10Halte PGC 2 – Term. Tanjung Priok31 Desember 2010
11Term. Kampung Melayu – Term. Pulogebang28 Desember 2011
12Halte Pluit – Tanjung Priok14 Februari 2013
13CBD Ciledug – Tendean16 Agustus 2017

Layanan Lain Transjakarta

Dalam merealisasikan pelayanan yang lebih baik dan konsisten dengan tujuan, Transjakarta selalu mengembangkan program-program. Sehingga mampu memberikan kenyamanan untuk setiap penggunanya.

Selain keberadaan Koridor utama, Transjakarta juga terintegritas dengan beberapa armada pendukung Layanan Pengumpan yang bisa di manfaatkan oleh setiap masyarakat. Diantaranya :

Rute Lintas Koridor dan Rute Ekspres

Skema rute lintas koridor dan rute ekspres ini sebenarnya di buat dalam kondisi tertentu dan bersifat situasional. Karena kondisi macet
dan kepadatan kendaraan yang tinggi, maka PT. Transjakarta memodifikasi rute. Terutama pada saat masa proyek insfrasrturktur terjadi. Sehingga memudahkan penumpang menghindari transit selama perjalanan, yang mana pengaktifanya yaitu pada jam-jam sibuk.

Adapun 2 layanan tersebut yaitu memodifikasi layanan lintas dengan melewati koridor lain yang masih steril untuk menghindari kemacetan pada proyek infrastruktur. Sedangkan lintas ekspres akan melintasi jalur tol untuk menghindari area proyek infrastruktur.

Skema modifikasi tersebut dibuat untuk menghindari point area kepadatan lalulintas yang terjadi. Sedangkan biasanya di aktifkan pada
waktu-waktu tertentu. Seperti hanya hari kerja, jam kerja, pada saat terselanggara event PRJ serta pada saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas oleh pihak berwenang.

Fungsi rute lintas koridor dan rute ekspres pada beberapa koridor utama bertujuan untuk memudahkan pengguna. Terutama guna menghindari transit selama perjalanan dan mengurangi kepadatan pada jam sibuk.

Angkutan Malam Hari (Amari) dan Angkutan Dini Hari (Andini)

Untuk Anda yang mempunyai aktifitas malam atau pulang malam saat kerja, kini Transjakarta akan menambah layanan regulernya. Maka demi memenuhi layanan tersebut, penambahan jam operasional Transjakarta malam hari mulai 22.00 – 05.00.

Sehingga layanan Transjakarta tersebut menjadi 24 jam dan berlaku untuk ke 13 koridor yang ada. Jadi armadanya tetap dengan kendaraan yang sama, tapi mengatur shift kerja untuk driver dan sdm lainnya.

Pengumpan Perbatasan

Untuk daerah penyangga Jakarta, sementara Transjakarta melayani area Bekasi, Depok, Tangerang dan Tangerang selatan dengan layanan Pengumpan Perbatasan. Namun untuk Bogor, Transjakarta saat ini masih dalam tahap perencanaan terkait subsidi biaya anggaran yang masih diperhitungkan.

Maka dengan rute tersebut tentu bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang berada dari daerah penyangga yang bekerja di Jakarta. Rute Bus Pengumpan Perbatasan Transjakarta terbut diantranya :

  • Depok : Terminal Depok – BNN
  • Bekasi : Sumarecon Bekasi – Pancoran Tugu.
  • Tangerang : Poris Plawad – Bunderan Senayan
  • Tangerang Selatan : Ciputat – Bunderan HI dan BSD City – Slipi

Bus Royaltrans

PT Transportasi Jakarta megoperasikan program berbeda dari penerapan Transjakarta Reguler yang ada, yaitu Bus Royaltrans. Kendaraan ini memberikan tarif premium dari Transjakarta sebesar Rp 20.000.

Royaltrans berhenti di luar halte BRT tapi berhenti di setiap haltebus yang bertuliskan “Bus Stop” untuk arah Jakarta. Tapi untuk arah
sebaliknya tidak berhenti menaikan penumpang di di halte alias langsung menuju tujuan.

Bus Royaltrans beroperasi pada hari kerja antara pukul 05.00 – 09.00 dan soere hari 16.00 – 20.00. Sedangkan untuk rutenya melayani
BSD – Fatmawati, Bintaro – Fatmawati, Cinere – Bunderan Senayan, Cinere – Kuningan, Cibubur – Kuningan, Cibubur – Blok M

Pengumpan Dalam Kota

Selain bus pengumpan perbatasan, Transjakarta juga menyediakan bus dalam kota sebagai pengumpan dengan jenis kendaraan bus sedang. Maka Anda bisa memilih bis ini untuk rute tertentu yang tidak berhenti di koridor dan halte BRT.

Sedangkan bus pengumpan dalam kota ini yang mana dulu umumnya dilalui kendaraan umum rute kopaja dan metromini. Tapi sebagian kini beralih program dan perubahan rute dengan peremajaan armada menggunakan metrotrans dan minitrans.

Beberapa program rute dilakukan seara bertahap oleh PT. Transportasi Jakarta, sehingga ada beberapa rute modifikasi yang banyak dilakukan kedepannya. Salah satunya yaitu seperti koridor 7D yang dapat mengakses penumpang yang ingin menuju tempat rekreasi Taman Mini Indonesia Indah.

Rute tersebut bisa dirasakan mulai tanggal 1 april 2022 dengan jam operasional pukul 05.00 – 10.00 dan 15.00 – 21.30 setiap harinya. Juga mungkin kedepannya ada beberapa lagi sistem modifikasi lain yang akan di operasionalkan

Pengumpan JI Expo

Setiap ada even di JI EXPO yang berada di Kemayoran, Transjakarta juga hadir untuk memenuhi sarana transportasi tersebut. Adapun
salah satu even tahunan yaitu ulang tahun Jakarta pada acara PRJ Kemayoran dan beberapa even lain.

Sedangkan untuk rute yang di operasionalkan adalah :

  • Monas JI Expo Kemayoran (PP)
  • PGC 1 – JIExpo Kemayoran (PP)
  • Kampung Melayu – JIExpo Kemayoran (PP)
  • Pulogadung 1 – JIExpo Kemayoran (PP)

Pengumpan Jakarta International Stadium

Selain JI Expo, Transjakarta juga menghadirkan bus khusus rute Jakarta Internasional Stadium (JIS) setiap hari. Namun tidak melalui jalur BRT dengan jam Operasional pukul 05.00 – 22.00. Adapun untuk rutenya :

  • JIS–LRT Pegangsaan Dua
  • JIS–Senen
  • JIS–Harmoni

Pengumpan Stasiun KAI Commuter

Kereta KAI Commuter adalah sana transportasi umum yang juga banyak di gunakan oleh masyarakat yang bekerja di Jakarta. Jadi Transjakarta juga hadir sebagai kendaraan penyambung dari stasiun kereta menuju stasiun BRT TransJakarta.

Maka kini bagi penumpang dengan jalur commuter Line Jabodetebek setalah tiba di stasiun tujuan, maka bisa menyambung dengan Transjakarta ke tempat tujuan lain. Seperti dari Stasiun Tebet, Stasiun Palmerah, Stasiun, Manggarai, dan Stasiun Tanah Abang, Stasiun Bekasi.

Pengumpan Kawasan Integrasi Dukuh Atas

Kawasan startegis yang tidak di lalui jalur BRT seperti Dukuh Atas, kini Transjakarta menerapkan rute yang terintegitas. Jadi penumpang bisa melanjutkan ke koridor yang ada dan Anda bisa juga menyambung menuju Airport yang menggunakan kereta bandara Soekarno Hatta melalui stasiun Sudirman.

Layanan Transjakarta Dukuh Atas melayani empat rute yakni Dukuh Atas – Sam Ratulangi, Dukuh Atas-Tanah Abang, Dukuh Atas-Kuningan dan Dukuh Atas-Kota. Tapi semua itu beroperasional setelah waktu hari bebas kendaraan (Car Free Day), yaitu mulai pukul 11.00 – 22.00

Pengumpan Stasiun MRT Jakarta

Transjakarta juga menyedikan jalur yang terintegritas untuk moda MRT yang berada sekitaran wilayah Blok M Jakarta Selatan. Adapun jalurnya meliputi Blok M – Pakubuwono, Blok M – Kramat Pela, Blok M -Wijaya, Blok A – Radio Dalam, Blok A – Antasari dan South Quarter – South Quarter.

Pengumpan Rumah Susun

Rusunawa termasuk bagian dari program pemerintah DKI, sebab itu Transjakarta juga beroperasional angkutan gratis sebagai bus pengumpan. Sedangkan tarifnya adalah gratis, tapi khusus pemegang KTP DKI. Jika tidak, dikenakan tarif Rp 3.500

Layanan Bus Gratis

Transjakarta memiliki program layanan bertarif gratis lainnya yaitu khusus untuk pengendara yang terkena peraturan pelarangan untuk sepeda motor di Jalan MH. Thamrin Jakarta Pusat. Tapi bus ini melewati jalur biasa alias tidak pada koridor utama sepanjang jalan Bundaran Senayan – Harmoni pp.

Pengumpan menuju tempat ibadah khusus pada hari raya

Kegiatan ibadah khusunya pada acara Natal serta tahun baru, Tansjakarta melayani rute bagi masyarakat yang merayakan secara gratis. Adapun untuk jam operasionalnya pada pukul 16:00 – 24:00 WIB untuk 24 Desember 2022, pukul 06:00 – 12:00 untuk 25 Desember 2022, dan 16:00 – 24:00 untuk 31 Desember 2022.

Rutenya sebagai berikut :

  • Monas – Gereja Katedral Jakarta
  • Monas – GPIB Immanuel
  • Tosari – GKI Menteng – Gereja St. Ignatius Loyola – GPIB Paulus
  • Grogol – GKPI Satria

Mikrotrans Jak Lingko

Miktotrans adalah angkutan pengumpan yang menggunakan kendaraan kecil, kalau masa sebelum program Transjakarta angkutan ini bernama Metromini. Sedangkan untuk menaiki kendaraan ini penumpang menggunakan uang elektronik dari Jak Lingko yang sebelumnya merupakan program dari Ok Trip.

Rute Mikrotrans Jak Lingko seperti dibawah ini :

No RuteRuteOperator
JAK 1Terminal Tanjung Priok – Kebon Bawang (Yos Sudarso & Swamsebada Timur V)Mikrolet
JAK 2Terminal Kampung Melayu – Duren Sawit (Laut Arafuru & Laut Banda)Mikrolet
JAK 3Terminal Lebak Bulus – Pangkalan Jati Baru (Haji Terin & Andara)sebagian KWK
sebagian Mikrolet
JAK 4Terminal Grogol – Angke (Pangeran Tubagus Angke dan Prof. Dr. Latumenten)KWK
JAK 5Semper Barat (Tugu Raya & Kramat Jaya) – Rorotan (Sungai Kendal & Inpeksi Kanal Timur)KWK
JAK 6Terminal Kampung Rambutan – Pasar Pondok GedeKWK
JAK 7Stasiun Tanah Abang – Terminal GrogolMikrolet
JAK 8ITC Roxy Mas – Pasar Bendungan Hilir (via K.H. Mas Mansyur)Mikrolet
JAK 9ITC Roxy Mas – Karet Tengsin (K.H. Mas Mansyur & Karet Pasar Baru Timur V)Mikrolet
JAK 10Stasiun Tanah Abang – Stasiun Jakarta Kota (via Pecenongan Raya)Mikrolet
JAK 10 AStasiun Gondangdia – Stasiun Cikini (via Salemba Raya – Kebon Sirih)Mikrolet
JAK 10 BStasiun Gondangdia-Stasiun Cikini (via Kramat Raya – Medan Merdeka Selatan/Timur)Mikrolet
JAK 11Stasiun Tanah Abang – Stasiun Kebayoran (via Permata Hijau)Mikrolet
JAK 12Stasiun Tanah Abang – Stasiun Kebayoran (via Pos Pengumben)Mikrolet
JAK 13Stasiun Tanah Abang – Stasiun Jakarta Kota (via K.H. Moh. Mansyur)Mikrolet
JAK 14Stasiun Tanah Abang – Pasar Lokbin Meruya IlirMikrolet
JAK 15Terminal Tanjung Priok – Segaramakmur, Bekasi (Marunda Makmur & Raya Dermaga)KWK
JAK 16Pusat Grosir Cililitan – Condet (Munggang Raya & Condet Raya)KWK
JAK 17Terminal Pulo Gadung – Terminal Pasar Senen (via Cempaka Putih)Mikrolet
JAK 18Stasiun Duren Kalibata – Guntur (Kuningan Madya & Kawi Raya)Mikrolet
JAK 19Terminal Pinang Ranti – Setu (Mabes Hankam Raya & Bambu Apus Raya)KWK
JAK 20Monumen Pancasila Sakti – Cawang UKITrans Halim
JAK 21Hallim Perdana Kusuma (Dwikora) – Pusat Grosir CililitanTrans Halim
JAK 22Halim Perdana Kusuma (Dwikora) – Penas Kalimalang (Cawang Sutoyo)Trans Halim
JAK 23Terminal Pasar Senen – Pisangan BaruMikrolet
JAK 24Terminal Pulo Gadung – Terminal Pasar Senen (via Kelapa Gading)Mikrolet
JAK 25Kalisari (Pusat Inspektorat LAPAN) – Pasar Rebo (Raya Bogor & T.B. Simatupang)KWK
JAK 26Duren Sawit (Laut Arafuru & Teluk Mandar) – Terminal RawamangunKWK
JAK 27Rorotan (Inspeksi Banjir Kanal Timur & Sungai Kendal) – Terminal Pulo GebangKWK
JAK 28Taman Rekreasi Wiladatika – Pasar Rebo (Raya Bogor & T.B. Simatupang)KWK
JAK 29Terminal Tanjung Priok – Rusun SukapuraKWK
JAK 30Terminal Grogol – Meruya Selatan (H. Sa’aba & Perumahan Komplek
Walikota Jakarta Barat)
KWK
JAK 31Pangkalan Jati Baru (Haji Terin & Andara) – Terminal Blok MKWK
JAK 32Petukangan Utara (Jalan Perintis & Masjid Nurul Falah) – Terminal Lebak BulusKWK
JAK 33Terminal Pulo Gadung – Stasiun Jakarta KotaMikrolet
JAK 34Terminal Rawamangun – Terminal KlenderKWK
JAK 35Terminal Rawamangun – Cipinang Melayu (Pahlawan Revolusi & Pangkalan Jati)KWK
JAK 36Pusat Grosir Cililitan – Cilangkap (Cilangkap Baru & Swadaya)KWK
JAK 37Pusat Grosir Cililitan – Condet (Kayu Manis & Jembatan III)KWK
JAK 38Terminal Kampung Rambutan – Cibubur (H. Ali Solihin & Belakang Dukuh)KWK
JAK 39Duren Sawit (Jalan Lingkar Luar & Serdang) – Pondok Kelapa
(Jalan Kalimalang & H. Naman)
KWK
JAK 40Terminal Pulo Gebang – Pejuang, Bekasi (Taman Lotus Utama & Kaliabang Tengah)KWK
JAK 41Terminal Kampung Melayu – Terminal Pulo GadungMikrolet
JAK 42Terminal Kampung Melayu – Taman Pemakaman Umum Pondok KelapaMikrolet
JAK 43Pusat Grosir Cililitan – Bidara Cina (Bukit Duri Utara & Jatinegara Barat)Mikrolet
JAK 44Pangkalan Jati Baru (Haji Terin & Andara) – Stasiun Universitas PancasilaKWK
JAK 45Terminal Lebak Bulus – Kebun Binatang RagunanKWK
JAK 46Terminal Pasar Minggu – Ciganjur (Jalan Moh. Kahfi II & Moh. Kahfi I) (via Jalan
Kebagusan Raya)
Mikrolet
JAK 47Terminal Pasar Minggu – Ciganjur (Jalan Moh. Kahfi II & Moh. Kahfi I) (via Jalan
Cilandak KKO, Warung Buncit)
Mikrolet
JAK 48 AStasiun Tebet – Rusun Karet TengsinMikrolet
JAK 49Terminal Lebak Bulus – Cipulir (Ciledug Raya & Panjang Cidodol)KWK
JAK 50Terminal Kalideres – Mal Puri IndahKWK
JAK 51Stasiun Taman Kota – Petukangan Selatan (Ciledug Raya & Adam Malik)KWK
JAK 52Terminal Kalideres – Terminal Muara AngkeKWK
JAK 53Terminal Grogol – Hutan Kota Srengseng (via Letjen S. Parman–Meruya Ilir)Mikrolet
JAK 54Terminal Grogol – Pasar Bendungan HilirMikrolet
JAK 56Terminal Grogol – Hutan Kota Srengseng (via Daan Mogot – Tanjung Duren Raya)Mikrolet
JAK 58Pasar Koja Baru – Rorotan (Komplek SLTP 200 & Rorotan I)KWK
JAK 59Terminal Rawamangun – Kelapa Gading Barat (Gading Sengon & Sengon)KWK
JAK 60Rusun Kemayoran – Stasiun LRT Pegangsaan DuaKWK
JAK 61Terminal Pulo Gadung – ITC Cempaka MasMikrolet
JAK 64Lenteng Agung (Lenteng Agung Raya & Moh. Kahfi II) – Cipedak (Aselih & H. Raidih)KWK
JAK 71Terminal Kampung Rambutan – Terminal Pinang RantiKWK
JAK 72Terminal Kampung Rambutan – Ciracas (H. Baping & Pule)KWK
JAK 73Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur – Pasar Rebo
(Raya Bogor & T.B. Simatupang)
KWK
JAK 74Terminal Rawamangun – Pondok Bambu (Cipinang Muara I & Gotong Royong)KWK
JAK 75Taman RPTRA Kampung Pulo Asri – Bandara Halim PerdanakusumaTrans Halim
JAK 77Terminal Tanjung Priok – Sunter Agung (Danau Sunter Barat & Taman BMW)Mikrolet
JAK 80Terminal Intermoda Rawa Buaya – Benda, Tangerang (Rawa Kompeni & Raya Perancis)KWK
JAK 84Terminal Kampung Melayu – Jatibening, Bekasi (Apartemen Gateway Park)Mikrolet
JAK 85Cipinang Indah Mall – Pasar Bintara, BekasiMikrolet
JAK 86Terminal Rawamangun – Stasiun ManggaraiMikrolet
JAK 88Terminal Tanjung Priok – Ancol (Ancol Barat VIII dan Ancol Barat IX)Mikrolet
JAK 99Terminal Pulo Gadung – LampiriKWK
JAK 106Terminal Klender – Terminal Kampung MelayuMikrolet
JAK 110Terminal Tanah Merdeka – Terminal PulogebangKWK
JAK 112Terminal Pulo Gadung – Pegangsaan Dua (Boulevard Kelapa Gading & Tanah Merah)KWK
JAK 115Terminal Tanjung Priok – Pegangsaan DuaKWK
JAK 117Terminal Tanjung Priok – Cilincing (Cilincing Baru dan Kalibaru Barat IV)KWK

Bus wisata

Anda ingin berkeliling Jakarta City Tour dengan bus yang OK ? Tenang saja Transjakarta mengoperasikan total 26 bus tingkat untuk melayani bus wisata. Program ini sangat cocok untuk alternatife yang biasanya Anda menggunakan bus pariwisata. Tapi bus khusus wisata ini hanya beroperasi dari pagi pukul 10.00 – 19.00 malam.

Rutenya sebagai berikut :

JurusanWaktu OperasionalRute
Sejarah Jakarta
(History of Jakarta)
10.00-18.00 (Senin-Sabtu)Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. Medan Merdeka Barat –
Jl. Majapahit – Jl. Gajah Mada – Jl. Kali Besar Barat – Jl. Kunir –
Jl. Lada – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Ir. H. Juanda –
Jl. Veteran – Jl. Veteran III – Jl. Medan Merdeka Utara
Jakarta Baru
(New Jakarta)
12.00-19.00 (Minggu)Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin –
Jl. Medan Merdeka Barat – Jl Ir. H. Juanda – Jalan Pos –
Jl. Gedung Kesenian – Jl. Lapangan Banteng Utara –
Jl. Katedral – Jl. Veteran (istana negara)- Jl. Veteran III –
Jl. Medan Merdeka Utara
Kesenian & Kuliner
(Arts & Culinary)
10.00-18.00 (Sabtu)Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin –
Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Majapahit – Jl. Gajah Mada –
Jl. Kali Besar Barat – Jl. Kunir – Jalan Lada –
Jl. Hayam Wuruk – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Veteran –
Jl. Veteran III – Jl Medan Merdeka Utara
Pencakar Langit Jakarta
(Jakarta Skyscrapers)
06.00-17.00 (Senin-Jumat)
10.00-17.00 (Sabtu)
12.00-19.00 (Minggu)
Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin –
Jl. Jend. Sudirman – Jl. Pintu Gelora V –
Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Ir. H. Juanda – Jl. Veteran –
Jl. Veteran III – Jl. Medan Merdeka Utara
Ruang Terbuka Jakarta
(Jakarta Open Spaces)
11.00-18.00 (Senin-Sabtu)
12.00-19.00 (Minggu)
Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin –
Jl. Jend. Sudirman – Jl. Jend. Gatot Subroto – Tol Lingkar Dalam –
Jl. Pangeran Tubagus Angke
Cagar Budaya Jakarta
(Jakarta Heritage)
10.00-18.00 (Sabtu)
12.00-19.00 (Minggu)
Jl. Veteran – Jl. Veteran III – Jl. Medan Merdeka Utara –
Jl. Medan Merdeka Barat -Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin –
Jl. Jend. Sudirman – Jl. Jend. Gatot Subroto – Tol Lingkar Dalam
– Jl. Yos Sudarso – Jl. Pelabuhan Raya – Jl. Majapahit
Belanja Jakarta
(Jakarta Shopping)
10.00-22.00 (Sabtu)
12.00-19.00 (Minggu)
Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. M.H. Thamrin –
Jl. Jend. Sudirman – Jl. Jend. Gatot Subroto – Jl. Gerbang Pemuda –
Jl. Asia Afrika – Jl. Pintu Satu Senayan

Nah untuk Anda yang sedang membutuhkan informasi Transjakarta, semoga bisa sedikit membantu ya. Lalu jika ingin mencari informasi lebih lanjut bisa menghubungi cal center di 1500-102 pada hotline service.

Semoga bisa di jadikan sedikit referensi yang bermanfaat dari kami baik kamu yang mempunyai kebutuhan transportasi umum, atau ingin berkeliling kota Jakarta.

Share this article

Written by : Nurul winholiday

Hi, Winholiday adalah jasa penyedia layanan sewa bus pariwisata, sewa mobil elf dan sewa hiace commuter. Kami memberikan kemudahan untuk anda yang ingin merencanakan kegiatan wisata dengan media transportasi tersebut. tidak hanya itu kami juga menyediakan paket tour wisata dengan harga yang kompetitif hingga termurah. Team marketing kami berada di setiap kota di seluruh pulau jawa lampung dan bali.

Leave A Comment

Newslatters

Gratis Berlangganan, dapatkan informasi terbaru

Follow us