Ketahui Dulu 7 Tips Mudik Lebaran Dalam Masa Pandemi Covid 19 Di tahun 2022 Ini

0
248
tips mudik lebaran pandemi covid 19

Fenomena mudik tahun 2022 ini banyak yang memprediksi akan sangat dahsyat, karena setalah 2 musim masyarakt tidak bisa pulang kekampung halaman. Sebab tahun 2020 dan 2021 adanya pembatasan mobilitas warga dampak pandemi covid 19, sehingga jumlah pemudik di prediksi akan mencapai 79.000.000 orang. Maka untuk Anda yang bernecana pulang kampung pada romadhan kali ini perlu memperhatikan tips mudik lebaran di masa pandemi.

“Prediksi puncak arus mudik terjadi pada tanggal 28 April dan berstatusnya potensi perjalanan meningkat di tanggal 30 April,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangannya. Maka perjalanan mudik harus bisa Anda persiapkan dengan matang serta memperhatikan aspek keselamatan, keamanan dan kesehatan dalam status pandemi saat ini yang masih terjadi.

Melalui siaran berita langsung dari pernyataan Presiden Joko Widodo pada tahun 2022 ini kegiatan mudik lebaran di izinkan oleh pemerintah. Namun perlu memperhatikan protokel kesehatan dan mengikuti aturan perjalanan khusus.

Syarat vaksin lengkap dalam penerapannya sebagai langkah yang di ambil. “Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, diperbolehkan, dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster. Serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” terang Jokowi seperti yang dilansir dari kantor Sekertariat Kabinet.

Dengan adanya pelonggaran mudik tahun 2022 adalah yang program yang pertama kembali dibuka selama covid 19 melanda semenjak th 2020. Maka antusias masyarakat dalam agenda pulang kampung kali ini prediksinya akan cukup tinggi, apa lagi dengan pelonggaran dalam negri baik saran transportasi darat, laut dan udara.

7 Tips Mudik Lebaran Di Masa Pandemi 2022

Saat masih situasi pandemi sekarang ini, izin kegiatan mudik lebaran disesuaikan dengan regulasi yang berlku yang di tetapkan pemerintah. Maka kita harus mendukung dengan tidak hanya memperhatikan aspek keselamatan tapi juga kesehatan. Semoga informasi tips mudik lebaran 2022 ini bisa memabntu Anda dalam memeprsiapkan nya.

1. Vaksin primer lengkap dan booster

Pastikan vaskin premier lengkap 1 dan 2 + vaskin Boster sudah Anda terima. Sebab aturan ini berlaku untuk Anda yang berusia 18 tahun keatas dan lanisa. Untuk Anak-anak harus sudah melakukan vaksin dosis 1 dan 2, serta pemudik bisa menunjukan sertifikat vaskin versi digital dalam aplikasi pedulilindungi agar perjalanan Anda aman.

2. Pastikan kondisi kendaraan baik

Untuk yang ingin mudik dengan kendaran pribadi atau menggunakan sewa elf Depok sebaiknya Anda memastikan fungsi dan kondisi kendaraan secara prima dan layak jalan. Langkah ini bertujuan untuk menjaga kenyamana Anda selama perjalanan, sebab dengan mempersiapkan kendaraan dengan baik tentu akan meminimalisir kerusakan yang mengganggu selama perjlanan .

Selain itu ada baiknya Anda melakukan pengecekan kendaraan ke bengkel dengan tenaga profesional untuk menghindari resiko kecelakaan. Pastikan kodndisi rem, lampu, aki, ban utama, ban serep dan tolkit tersedia lengkap dan dalam kondisi baik.

3. Pilihlah perjalanan malam

Banyak orang yang memilih perjalanan malam dengan alasan menghindari macet, maka keputusan seperti itu bisa jadi menjadi waktu yang familiar untuk pemudik. Tapi faktor yang terpenting adalah suhu udara yang tidak panas membuat stamina pemudik masih dalam kondisi baik.

Namun rekomendasi yang paling utama adalah pemudik harus menjaga ritme istirahatnya agar tidak kelelahan dan jangan samapai mengantuk selama mengemudi. Sebab kondisi yang tidak bisa kita predikisi untuk situasi lalu-lintas jalur darat terutama yang membuat sampai nya ke tempat tujuan menjadi lebih lama dari pada waktu bukan mudik lebaran.

4. Pengecekan kesehatan pribadi

Menepuh perjalanan jauh dengan durasi lama berjam jam dalam kendaraan, akan berikso untuk kelompok orang dalam kondisi tertentu. Misalnya Lansia, Ibu hamil atau penderita riwayat penyakit tertentu adalah golongan pemudik yang sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menempuh perjalanan mudik.

Adapun kondisi ibu hamil sebaikny dengan masa trimester kedua adalah usia yang paling aman, selain karena biasanya sudah melewati masa-masa mual. Sehingga kondisi janin yang sudah kuat mengurangi resiko yang fatal akbiat guncangan kuat kendaran selama perjalanan.

5. Obat-obatan dan pakaian hangat

Pepatah lebih baik mencegah dari pada mengobati sangat cocok di terapkan kalau kamu ingin mudik di tahun ini. Sebab selain mengetahui tips mudik lebaran di masa pandemi, prediksi situasi jalan macet menjadi hal yang harus Anda antisipasi. Misalnya untuk keperluan P3k sebaiknya Anda persiapkan dengan komplit, tak terkecuali seperti obat anti mabuk, minyak angin, obat sakit kepala bahkan ada baiknya oxygen kecil untuk persiapan yang urgency.

Selain itu pergunakanlah pakain yang nyaman tanpa harus memakai aksesoris yang berlebih, sebab itu akan membuat Anda lebih leluasa bergerak. Lalu tak ketinggalan persiapkan jaket / baju hangat / sweater pada tempat yang mudah terjangkau di kendaraan. Karena pakian hangat ini sangat membantu terutama pada malam hari saat suhu mulai dingin.

Persiapan tersebut juga sangat berguna apa bila yang Anda menyelipkan agenda jalan-jalan. Sebab persiapan rekreasi juga menjadi acara rutein bagi setiap pemudik saat tiba di kampung halaman. Misalnya Anda bisa mengunjungi tempat wisata hits Jogja yang begitu favorit untuk setiap wisatawan.

6. Buat rute perjalanan

Maping atau menentukan jalur perjalanan adalah masuk dalam prioritas persiapan mudik lebaran. Karena dengan Anda menentukan atau mencari informasi jalur yang di lalui, akan mempermudah Anda mengatasi bila terjadi sesuatu hal. Jika perlu lakukan routing dengan menggunakan ganget anda dengan bantuan aplikasi goole maps atau waze.

Kumpulkan informasi perjalanan dengan cukup seperti SPBU, Rest Area, Restoran, Fasailitas kesehatan, Pos pantau dan lain sebagainya pada aplikasi tersebut. Jadi setidaknya jika Anda sudah membekali keperluan titik titik fasilitas umum tersebut. Maka Anda sudah tau keberadaan point tersebut saat Anda membutuhkannya.

oh iya… tidak lupa kuasai juga rute alternatife yang bakal Anda perlukan. Sebab itu sangat berguna bila Anda berada pada situasi yang harus membuat Anda merubah jalur utama. Atau sebagai pengguna rental hiace di Jakarta, Anda bisa saling bertukar pendapat dan uapdate situasi perjalana dengan driver.

7. Buat pola istirahat

Menjaga kondisi adalah SOP yang wajib Anda lakukan, terlebih bila Anda mengemudi kendaran sendiri tanpa pengganti. Walaupun bentuknya situasional tergantung dari kondisi Anda, tapi idealnya durasi mengemudi max 4jam. Maka lakukan pola istirhatat tersebut walau selama 4 jam tersebut dalam kondisi jalan lancar atau macet.

Jika perlu saat waktu istirhat, pergunkana lah untuk tidur sejenak hingga badan terasa agak segar kembali. Juga jangan lupa, istirahat tidak berlaku hanya untuk pengemudi saja.Tapi juga sangat perlu untuk seluruh penumpang terutama lansia dan anakn-anak.

Baca Artikel Lainnya : Sewa bus drop mudik lebaran

tips mudik lebaran 2022

Aturan Mudik Lebaran 2022

Pemerintan akan memberlakukan aturan terkait mudik lebaran 2022 ini secara khusu, mengingat masih dalam status Pandemi. Dinas Perhubungan dan Stagas Penaganan COVID-19 dan beberapa lembaga lain juga akan membuat bentuk tekhnis perjalanan mudik. Maka perjalan bisa lebih aman, nyaman baik terkait aturan mudik baik perjalan dalam serta kedatangan dari luar negri.

Setidaknya ada 3 syarat ketentuan mudik lebaran 2022 yang tekankan pemerintah melalui Mentri Kesehatan (Menkes)

Syarat dan ketentuan tersebut di antaranya :

  • Pemudik yang sudah menjalani vaksinasi booster atau vaksin COVID-19 dosis ketiga diperbolehkan melakukan perjalanan tanpa harus lolos tes kesehatan.
  • Pemudik yang baru mendapat vaksin COVID-19 dosis lengkap (2 dosis) diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan dengan Rapid Test Antigen sebelum melakukan perjalanan.
  • Pemudik yang baru memperoleh vaksin COVID-19 dosis 1 wajib menjalani tes PCR sebelum menempuh mudik Lebaran 2022. Petunjuk teknis lebih lengkap nantinya akan dirilis pada Surat Edaran (SE) Satgas COVID-19 tentang protokol perjalanan mudik lebaran 2022

Berikut tips mudik lebaran di masa pandemi yagn ada baiknya Anda ketahui, agar perjalnan pulangkampung adna kali ini lebih siaga, aman dan nyaman

Rate this post

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini